Sering Memegang Ponsel Berkaitan Dengan Penyakit Kejiwaan?

DokterSehat.Com – Ponsel kini telah menjadi sebuah peralatan yang hampir tidak bisa dipisahkan dari keseharian manusia. Dengan semakin mudahnya mencari informasi dan berhubungan dengan banyak orang melalui ponsel, maka kita pun akan cenderung tidak ingin melepaskan ponsel sedikitpun. Tahukah anda, dibalik kebiasaan memakai ponsel secara berlebihan ini ternyata ada kemungkinan masalah kesehatan para pemakainya. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika mereka yang terlalu sering menempel dengan ponselnya cenderung mengalami masalah kurang bahagia.

doktersehat-main-handphone-tidur-malam

Daily Mail menyebutkan jika kebiasaan seseorang untuk sering mengecek atau melihat ponselnya menandakan jiwanya sedang cukup rapuh. Kebiasaan ini juga menandakan jika sumber kebahagiaannya hanya bisa ditemukan pada ponselnya sehingga Ia pun akan rela menghabiskan waktu demi mendapatkan kebahagiaan ini.

Jurnal Personality and Individual Differences merilis sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh Baylor University, Texas, Amerika Serikat. Penelitian ini melibatkan setidaknya 346 partisipan dengan usia sekitar 19 hingga 24 tahun. Usia dimana anak-anak muda memang memiliki kecenderungan untuk banyak memakai ponsel dalam frekuensi yang cukup sering setiap harinya. Dari penelitian ini, ditemukanlah fakta dimana masalah kecanduan ponsel bisa dikaitkan dengan kecenderungan seseorang untuk memiliki jiwa yang bermasalah dan temperamental. Mereka yang memiliki jiwa lebih stabil cenderung tidak begitu mempedulikan ponselnya dan hanya akan memegangnya jika dibutuhkan saja.

Dengan kejiwaan yang bermasalah, mereka yang kecanduan ponsel akan mencari kebahagiaan, khususnya dengan cara mencari konten atau media sosial yang bisa membuat mereka memiliki dunia sendiri yang lebih menyenangkan dan terhibur. Bahkan, sensasi mendapatkan respon dari teman di dunia maya bisa menjadi hal yang sangat membahagiakan. Pakar kesehatan pun menyebutkan jika mereka yang kecanduan ponsel justru cenderung kurang percaya diri dan kesulitan untuk bersosialisasi. Melihat adanya fakta-fakta ini, apakah anda termasuk orang yang kecanduan ponsel dan kurang bahagia?