Sering Memakai Sepatu Hak Tinggi Ternyata Bisa Meningkatkan Resiko Kanker

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan sudah berkali-kali mengingatkan kaum hawa untuk lebih bijak dalam memakai sepatu hak tinggi atau high heels. Memang, sepatu nan cantik dan feminin ini akan memuat wanita menjadi terlihat lebih anggun jika memakainya. Sayangnya, dibalik kecantikan sepatu ini, ada dampak bahaya kesehatan yang sangat besar menanti kaum hawa jika rutin memakainya. Tak hanya mempengaruhi postur tubuh, sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di University of North Carolina di Amerika Serikat juga menunjukkan fakta mengejutkan jika penggunaan sepatu hak tinggi bisa meningkatkan resiko terkena kanker.

doktersehat-wanita-heels-sepatu-hak-tinggi-shopping-belanja-kanker

Salah seorang pakar kesehatan yang terlibat dalam penelitian ini, dr. David Agus, menyebutkan jika penggunaan sepatu hak tinggi yang terlalu sering, apalagi rutin setiap hari, akan membuat otot-otot pada kaki menjadi lebih lemah dan perubahan pada jari kaki dimana jari akan terlihat lebih bengkok. Penggunaan sepatu hak tinggi juga bisa meimcu robek pada otot persendian. Selain itu, karena penggunaan sepatu hak tinggi seringkali terasa tidak nyaman, yang terjadi justru kaki bisa mengalami iritasi atau peradangan yang bisa meningkatkan resiko kanker.

Dr. Agus berkata jika sudah sejak lama peradangan akan dikaitkan dengan beberapa jenis penyakit berbahaya layaknya penyakit jantung, autoimun, alzheimer, hingga peningkatan resiko terkena kanker. Yang menjadi masalah adalah, peradangan ini bisa memicu kesalahan kode genetik pada DNA yang membuatnya justru meningkatkan resiko kanker dengan signifikan. Dr. Agus bahkan menyebutkan jika wanita yang kerap memakai sepatu hak tinggi lebih dari 7 cm beresiko tinggi mengalami masalah tulang belakang yang tentu sangat berbahaya bagi tubuh.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak lagi memakai sepatu hak tinggi, apalagi untuk waktu yang lama. Meskipun terlihat kurang cantik, gunakan saja wedges yang nyaman atau sepatu lain yang sekiranya cocok bagi tubuh sekaligus sehat.