Sering Melihat Bagian Depan Mobil Seperti Wajah Manusia? Bisa Jadi Karena Masalah Psikologis Ini

DokterSehat.Com– Kadangkala saat kita melihat bagian depan mobil, kita seperti melihat ekspresi wajah manusia. Bagian lampu kerap kali kita anggap seperti mata dan bagian depan mesin seperti mulut. Meskipun terlihat seperti hal yang wajar, pakar kesehatan menyebutkan bahwa hal ini ternyata disebabkan oleh gangguan psikologis yang disebut sebagai pareidolia.



Pakar kesehatan menyebut pareidolia sebagai fenomena dimana pikiran kita merespons stimulus dengan cara memahami pola yang sebelumnya tidak dikenal atau tidak dalam dalam skenario yang nyata. Hal ini berarti, otak kita cenderung melakukan persepsi imajiner pada pola atau benda-benda yang sebenarnya tidak ada. Karena alasan inilah terkadang kita melihat bagian depan mobil seperti wajah atau bentuk awan yang mirip dengan wajah atau hewan tertentu.

Pareidolia sendiri terjadi karena bagian otak yang disebut sebagai area wajah fusiform bagian kanan yang mengelola gambaran wajah justru aktif saat melihat pola seperti wajah pada berbagai benda-benda yang kita lihat. Pareidolia juga cenderung lebih kerap dialami oleh wanita jika dibandingkan dengan pria. Ada dugaan bahwa hal ini disebabkan oleh kecenderungan wanita yang lebih sensitif sehingga secara alami mereka akan lebih cepat mengenali berbagai bentuk atau pola yang bisa mengancam mereka.

Yang menarik adalah, meskipun termasuk dalam gangguan psikologis, pakar kesehatan menyebutkan bahwa mereka yang mampu melihat wajah pada berbagai benda seperti batang pohon, tekstur pada tembok, dan berbagai benda lainnya cenderung memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan mereka yang tidak bisa melihat persepsi wajah tersebut.

Selain menunjukkan kecerdasan seseorang, kemampuan untuk melihat wajah pada benda-benda ini juga tidak perlu dikhawatirkan karena memang tidak berbahaya. Hal yang berbeda terjadi jika kita melihat wajah menyeramkan layaknya hantu di beberapa kesempatan. Bisa jadi hal ini adalah tanda dimana kita sedang mengalami gangguan jiwa atau kecemasan berlebihan.