Sering Masturbasi Bikin Sperma Tak Berkualitas

Doktersehat.com – Kehamilan bisa terjadi apabila didukung 3 faktor utama, yakni sperma yang berkualitas, sel telur yang baik, dan organ reproduksi yang sehat. Tapi bagaimana bila salah satu dari faktor utama tersebut mengalami masalah? Tentulah proses pembuahan tidak bisa maksimal.



Air mani yang encer dan transparan menandakan bahwa sperma yang diproduksi kurang berkualitas. Hal ini bisa saja disebabkan terlalu sering ejakulasi sehingga air mani menjadi lebih encer.

Terlalu sering melakukan masturbasi atau berhubungan seks setiap hari bisa menyebabkan sperma dan kepadatan air mani tidak akan keluar secara normal.

Untuk mendapatkan peluang kehamilan yang lebih besar. Anda bisa melatih otot dengan berolahraga. Sebenarnya olahraga dapat melatih otot untuk membantu penis menembakkan sperma lebih jauh dari sebelumnya.Hal ini tentu saja bisa meningkatkan peluang kehamilan pasangan Anda.

Latihan kegel yang biasa dilakukan wanita juga bisa membantu para pria memperbaiki kesehatan seksual.

Selain itu, Anda juga harus mengurangi konsumsi alkohol agar sperma tetap terjaga kualitasnya. Pada dasarnya minuman beralkohol bisa mempengaruhi fungsi hati yang akhirnya mengakibatkan peningkatan estrogen secara drastis. Akibatnya, produksi sperma bisa terganggu karena estrogen akan menumpuk dalam tubuh.

Mengonsumsi alkohol dua gelas sehari bisa menimbulkan efek jangka panjang terhadap produksi sperma.

Sumber: okezone.com