Sering Makan Pedas Membuat Kita Mudah Terkena Wasir?

DokterSehat.Com – Wasir adalah salah satu masalah kesehatan yang membuat kita merasa tidak nyaman, khususnya saat buang air besar atau duduk. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa wasir muncul karena pembuluh darah pada sekitar usus besar dan anus mengalami pembengkakan. Biasanya, wasir akan memicu gejala layaknya gatal-gatal hingga adanya darah atau rasa nyeri saat buang air besar. Pakar kesehatan masih belum benar-benar menemukan penyebab pasti dari wasir ini. Namun, cukup banyak masyarakat yang percaya jika wasir disebabkan oleh kebiasaan mengkonsumsi makanan pedas. Apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-cabai-cabe

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa meningkatnya tekanan pada pembuluh darah di area sekitar anus atau peradangan pada pembuluh darah tersebut menjadi pemicu wasir. Selain, itu, wasir juga kerap dikaitkan dengan gangguan konstipasi, kebiasaan mengejan saat buang air besar, hingga kurangnya asupan serat dalam makanan sehari-hari. Namun, belum ada hasil penelitian yang menyebutkan bahwa makanan pedas bisa menjadi pemicu dari wasir ini.

Dalam penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Disorders of Colon and Rectum, diketahui bahwa makanan pedas tidak akan menyebabkan wasir menjadi semakin parah. Makanan pedas ternyata tidak akan memberikan pengaruh besar bagi pembuluh darah yang ada di area anus. Hal ini berarti, mereka yang menderita wasir tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi makanan pedas ini.

Hanya saja, ada sebagian pakar kesehatan yang ternyata menyebutkan bahwa makanan pedas bisa memberikan pengaruh buruk bagi wasir meskipun pengaruh tersebut tidak secara langsung. Makanan pedas memang bisa menyebabkan keluhan pada sistem pencernaan dan hal ini disebut-sebut bisa memperburuk kondisi wasir.

Setiap orang memang memiliki respon yang berbeda-beda setelah mengkonsumsi makanan pedas. Ada yang saluran pencernaannya langsung bereaksi, namun ada pula yang biasa-biasa saja sehingga tidak mengalami keluhan kesehatan apapun. Jika anda termasuk dalam orang yang sensitif pada makanan pedas dan khawatir jika hal ini bisa membuat wasir semakin parah, ada baiknya memang tidak terlalu sering mengkonsumsinya.