Sering Makan Mie Bisa Picu Penyumbatan Usus?

DokterSehat.Com– Belakangan ini di media sosial sedang viral video yang menunjukkan bahwa ada semacam benda yang tampak layaknya mie yang dikeluarkan dari usus. Dalam keterangan yang mengikuti video ini, disebutkan bahwa seorang dokter bernama Harish Shukla yang berasal dari Apollo Hospitals menunjukkan dampak kebiasaan makan mie yang bisa memicu penyumbatan pada usus.

doktersehat-mie-sebabkan-penyumbatan-usus

Dalam keterangan video ini, disebutkan bahwa usus yang tersumbat ini harus diangkat melalui operasi. Karena alasan inilah ada baiknya kita tidak membiasakan diri untuk sering-sering mengkonsumsinya.

Grup Indonesian Hoaxes pun mencari kapan awal video ini beredar dan ditemukan fakta bahwa video yang serupa sudah ada sejak tahun 2013 lalu. Hanya saja, keterangan pada video tersebut justru adalah operasi pengangkatan cacing parasit. Admin grup yang ditujukan untuk menangkal berita bohong atau salah informasi ini pun menyebutkan bahwa video dengan durasi 1 menit 16 detik ini bukan video tentang operasi penyumbatan usus yang disebabkan oleh mie atau spaghetti, melainkan operasi pengangkatan intestinal parasite atau parasit pada usus. Hal ini berarti, yang ditunjukkan sedang dikeluarkan dari usus pada video tersebut memang cacing parasit, bukannya mie.

Secara terpisah, pakar kesehatan yang ahli di bidang saluran pencernaan bernama dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH yang berasal dari Fakultas kedokteran Universitas Indonesia menyebutkan bahwa bahan makanan seperti mie instan atau sejenisnya dibuat dari bahan tepung, lemak, dan protein. Bahan-bahan ini akan hancur saat memasuki saluran pencernaan dan tidak akan memicu penyumbatan.

Meskipun begitu, ada baiknya kita memang tidak sering-sering mengkonsumsi mie instan karena memang kadar gizinya kurang mencukupi kebutuhan harian kita.