Sering Lupa di Mana Menaruh Barang? Ini Penyebabnya

kunci_doktersehat_1
Photo Source: Flickr/Alper Cugun

DokterSehat.Com– Kadangkala kita kesulitan untuk mencari benda-benda kecil seperti gunting, kunci kendaraan, kunci rumah, atau benda-benda lainnya. Padahal, saat kemudian dicari oleh orang lain atau dicari kembali dengan lebih teliti, benda-benda tersebut ada di tempat yang sebelumnya sempat kita cek. Apa penyebab dari fenomena ini?

Dilansir dari 5COG, para ahli menyebut fenomena ini sebagai DOP atau Disappearing Object Phenomenon. Penyebab dari DOP bisa banyak, baik itu karena kita lupa dimana benda-benda ini ditaruh, dipakai orang lain yang tidak mengembalikannya ke tempat semula, dan lain-lain.

Dr Michelle Braun yang berasal dari Harvard Medical School menyebutkan bahwa kadangkala kita memang lupa dengan hal-hal kecil yang sepele seperti dimana kita meletakkan kunci yang baru saja kita tempatkan. Hal ini ternyata dipicu oleh kecenderungan otak yang tak lagi menyimpan informasi yang kita lakukan berulang kali setiap hari.

Dalam dunia medis, kondisi ini disebut sebagai brain farts atau kentut otak. Hal ini juga lebih terkait dengan psikolinguistik alih-alih konsentrasi. Yang menjadi masalah adalah, jika kita cenderung kerap mengalami stres, kurang tidur, atau karena faktor penuaan, maka kita akan lebih sering mengalami hal ini.

Yang menarik adalah, jika kita berusaha untuk mengingat dimana benda-benda kecil ini disimpan, alangkah lebih baik jika kita mengingatnya dengan mata terpejam agar kemungkinan untuk mengingatnya meningkat hingga 48 persen lebih besar. Fakta ini terungkap dari penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Legal and Criminological Psychology.

Sayangnya, meski terlihat sepele, kerap mengalami kentut otak atau lupa dengan benda-benda kecil bisa jadi adalah tanda dari pikun atau demensia sehingga ada baiknya kita tidak lagi menyepelekannya.