Sering Lembur Bikin Susah Punya Momongan

DokterSehat.Com – Lembur adalah mengerjakan sesuatu kelewatan batas dari apa yang semestinya. Jika anda misalnya bekerja dari pukul 8 pagi sampai dengan jam 4 sore adalah hal wajar, namun jika sudah lewat dari jam tersebut maka itu disebut dengan kerja lembur. Lembur pada dasarnya sah-sah saja, jika lembur tersebut tidak terlalu sering dan tidak terlalu menggunakan waktu yang cukup lama.

doktersehat-overtime-sibuk-kerja-lembur-stress-memunda-pekerjaan-wanita-resiko-jantung-resiko-kesehatan-wanita-karir

Sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa wanita yang bekerja di malam hari berisiko sulit punya anak atau mandul sampai 80 persen. Hal ini tentu sangat berisiko mengingat sulit punya anak tidak bisa disembuhkan dan tentu berakibat fatal. Tidak hanya itu, jadwal bekerja yang tidak teratur dan lebih dari 8 jam per harinya juga berakibat buruk bagi yang sedang hamil.

Kandungan bisa bermasalah bahkan keguguran bila jam kerja terlalu banyak dan terlalu diforsir. Wanita bekerja dengan sistem shift biasanya lebih rawan kandungannya bermasalah atau berefek pada sulitnya memiliki keturunan. Penelitian dilakukan kepada lebih dari 100ribu wanita untuk mendapatkan hasil yang benar-benar valid.

Hasilnya, wanita yang kerap lembur atau kerja shift pada malam hari rawan terkena berbagai permasalahan yang berhubungan dengan kandungan dan kesuburan. Kerja di malam hari artinya mengubah ritme kerja tubuh, jadwal tidur tidak teratur, produksi hormon yang kacau, gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat, papar peneliti Dr Linden Stocker dikutip dari merdeka.com. Selain itu, efek buruk lain dari lembur adalah potensi kanker payudara.

BACA JUGA : Seputar Bronkitis