Sering Kejang-Kejang dan Kaku, Wanita Ini Dijuluki Patung Hidup

DokterSehat.Com – Antoinette Acosta terlihat layaknya wanita yang menjalani kehidupan yang normal pada umumnya. Namun, Ia ternyata terkena kondisi kesehatan yang sangat langka yang membuatnya mudah kaku dan kejang-kejang. Karena seringnya kondisi ini muncul, Ia pun dijuluki patung hidup. Sebenarnya, seperti apakah masalah kesehatan yang Antoinette derita ini?

doktersehat-AntoinetteAcosta-StiffPersonSyndrome-

Photo Credit: Youtube/ News News

Antoinette berkisah bahwa penyakit ini baru mulai menyerangnya pada tahun 2009 silam. Pada waktu itu, Ia tiba-tiba saja mulai mengalami gangguan keseimbangan dan juga kerap mengalami tremor atau getaran pada tubuhnya. Tak hanya itu, Ia juga cenderung mudah terjatuh tanpa sebab yang jelas. Sebagai contoh, Ia pernah mengalami kondisi aneh dimana tiba-tiba saja rahangnya terkunci saat sedang mengunyah makanan atau saat menyikat gigi, tangannya tiba-tiba saja ingin memasukkan sikat gigi ke kerongkongannya.

Yang membuat Antoinette menderita adalah, andai kejang-kejang ini muncul, Ia akan mengalami kesulitan dalam bernafas. Pita suaranya juga ikut mengejang sehingga saat Ia mengeluarkan suara, Ia terlihat layaknya orang yang mabuk berat. Tak hanya itu, saat tubuhnya mulai kaku, kepalanya pun terasa sangat berat sehingga Ia tak lagi mampu menengok ke berbagai arah. Bagi Antoinette, penyakit ini membuatnya kesulitan untuk melakukan aktitifas sehari-hari. Sebagai contoh, andai Antoinette mengangkat lengan saat mandi, bisa jadi hal ini akan memicu kejang-kejang.

Wanita berusia 47 tahun ini sebenarnya sangat penasaran dengan penyakit yang Ia derita. Berdasarkan informasi di internet, bisa jadi penyakitnya adalah Lyme atau sindrom Guillan-Barre. Namun, setelah diperiksakan ke dokter pada tahun 2014 silam, barulah diketahui bahwa Ia terkena penyakit Stiff Person Syndrome atau SPS.

Sebagai informasi, penderita penyakit ini memang bisa mengalami tubuh yang tegang dan kaku tanpa bisa dikendalikan. Yang menjadi masalah adalah, belum ada obat bagi penyakit ini dan akhirnya Antoinette hanya mengkonsumsi obat bernama Valium agar bisa meredakan gejala kejang-kejang dan kakunya ini. Sayangnya, Ia tak lagi mampu bekerja karena kondisi kesehatannya dan kini berat badannya dan daya ingatnya juga menurun dengan signifikan.