Sering kebelet pipis? Ini cara mengontrolnya!

DokterSehat.Com – Buang air kecil adalah hal yang wajar dilakukan setiap hari. Buang air kecil secara teratur justru salah satu hal yang dilakukan agar tubuh tetap sehat. Namun ada juga orang yang bermasalah dengan kandung kemihnya sehingga sulit mengontrol pipis. Hal ini tentu menyulitkan, terutama jika Anda melakukan banyak aktivitas setiap hari.



Stres menjadi penyebab paling umum dari kondisi ini. Inkontinensia urine umumnya terjadi pada wanita. Berikut adalah beberapa penjelasan tentang penyebab inkontinensia urine :

  • Ada beberapa penyebab inkontinensia urine, tetapi sebagian besar karena melemahnya saraf panggul, otot dan organ yang biasanya mengontrol buang air kecil. Penuaan, kerusakan fisik, kanker, obesitas atau tumor kandung kemih menjadi faktor lain yang menyebabkan inkontinensia urine.
  • Inkontinensia urine bisa disebabkan oleh stres. Kandung kemih yang terlalu aktif juga membuat seseorang mengalami kondisi ini.
  • Kehamilan dan persalinan merupakan penyebab utama inkontinensia pada wanita karena otot-otot panggul melemah. Beberapa wanita juga mengembangkan kandung kemih yang terlalu aktif setelah mereka memasuki usia 40 karena perubahan hormonal dan menopause. Sementara itu, pria cenderung menderita inkontinensia karena batu ginjal atau pembesaran prostat.

Pengobatan dari kondisi ini tergantung pada gejala inkontinensia urine yang dirasakan oleh penderita.