Sering Disebut Makanan Sehat, Apa Sebenarnya Whole Grain?

doktersehat-beras-padi-gandum

DokterSehat.Com– Anda sering mendengar istilah whole grain? Ya, seiring meningkatnya kesadaran akan pola hidup sehat, kini whole grain makin banyak dianjurkan untuk sebagai pilihan makanan yang baik. Apa sebenarnya whole grain?

Whole grain disebut sebagai bahan makanan karbohidrat yang sehat. Umumya whole grain berbentuk biji-bijan seperti gandum, beras atau sorgum. Whole grain adalah makanan karbohidrat yang disajikan dalam bentuk utuh dan masih belum mengalami proses pengolahan.

Menurut British Dietitan Association, whole grain terbentuk dari tiga elemen penting yang membuatnya menjadi makanan sehat yaitu:

  1. Barn, yaitu lapisan luar atau selaput pembungkus biji-bijan yang kaya akan serat
  2. Germ, bagian tengah, diantara barn endosperm, dari biji-bijan yang kaya akan vitamin dan mineral, dan
  3. Endosperm, bagian tengah atau inti dari biji-bijian, bagian inilah yang kaya akan kandungan karbohidrat.

Ketiga bagian itu lazimnya ada pada bahan makanan berkarbohidrat yang bentuknya seperti biji-bijan. Namun elemen barn dan germ justru kerap dibuang pada proses pengolahan bahan makanan agar tampilan makanan menjadi lebih bersih dan putih.

Maka dari itu whole grain kini hadir sebagai alternatif makanan karbohidrat yang sehat karena masih mempertahankan ketiga elemen kaya gizi yang ada pada makanan tersebut

Whole grain disebut-sebut mampu meningkatkan 75% asupan gizi tubuh dibandingkan dengan makanan karbohidrat biasa. Whole grain memiliki kandungan serat yang lengkap, vitamin B dan asam folat, omega 3, protein, antioksidan dan mineral.

Berbagai kandungan yang ada pada whole grain membuatnya layak disebut makanan sehat, Minnesota Departement of Health menyebutkan bahwa dengan mengonsumsi 3 porsi whole grain dalam satu hari kita dapat menurunkan penyakit jantung dan stroke hingga 37%, mengurangi risiko penyakit diabetes hingga 27% dan mencegah terjadinya kanker di pencernaan hingga 43%.

Whole grain bisa kita peroleh dengan mengonsumsi sereal gandum utuh, roti gandum utuh, nasi dan oat.

Bagaimana, apakah Anda mau beralih mengonsumsi whole grain?

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik