Sering Dilupakan, Ini Pentingnya Berbuka Puasa Dengan Air Putih

DokterSehat.Com– Tanpa adanya asupan makanan apapun selama seharian penuh, kita tentu merasa sangat lapar dan haus saat akan menjelang buka puasa. Untuk membuat tubuh kembali segar, cukup banyak orang yang langsung mengkonsumsi minuman dingin atau es saat berbuka. Padahal, menurut pakar kesehatan, hal ini bisa memicu kontraksi pada lambung yang tentu sangat tidak nyaman bagi perut. Pakar kesehatan sendiri lebih merekomendasikan minum air putih saat berbuka karena bisa memberikan manfaat bagi kesehatan seperti sebagai berikut.

doktersehat-jilbab-hijab-muslim-puasa

Membuat metabolisme tubuh seimbang
Karena tidak minum seharian, kita kehilangan cukup banyak cairan tubuh sehingga membuat tubuh lebih lemas dan pucat. Dengan mengkonsumsi air putih saat berbuka, tubuh akan kembali mendapatkan cairan tubuh ini dan membuat kita kembali segar. Tak hanya itu, air putih akan membantu menjaga kesehatan organ-organ vital, saluran pencernaan, sekaligus keseimbangan sistem metabolisme tubuh.

Menjaga kesehatan usus
Meminum air putih saat berbuka akan membantu usus bekerja sesuai dengan fungsinya setelah seharian tidak mendapatkan asupan apapun. Air putih bisa membantu kinerja usus dalam menyerap nutrisi makanan dengan maksimal.

Membuat kulit semakin segar
Tanpa adanya asupan air seharian, maka kulit kita pun akan terasa lebih pucat. Dengan mengkonsumsi air putih saat berbuka, maka berbagai racun yang ada dalam tubuh akan bisa segera dihilangkan sehingga kulit pun akan kembali segar dan tak lagi kusam.

Menurunkan resiko terkena penyakit jantung
Dalam jurnal kesehatan berjudul American Journal of Epidemiology, disebutkan bahwa minum air putih dengan cukup bisa menurunkan resiko terkena penyakit jantung dengan signifikan.

Menjaga kesehatan dan fungsi otak
Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul Frontiers Human Neurosciene, diketahui bahwa konsumai air putih bisa membantu kita berpikir dan bertindak dengan lebih cepat. Tak hanya itu, reaksi kognitif otak juga akan cenderung semakin membaik.

Baca Juga:  Nggak Nyangka, Minum Air Putih Ternyata Bisa Menyembuhkan Penyakit Ini

Melihat betapa pentingnya manfaat air putih bagi kesehatan tubuh kita, ada baiknya kita meminum air putih saat berbuka dan tidak mengkonsumsi makanan atau minuman manis dengan berlebihan.