Sering Berpikir Negatif Bisa Menimbulkan Sakit

DokterSehat.Com – Saat stres, pernah merasa jadi sakit perut tidak? Jika iya, hal ini tidak hanya Anda rasakan sendiri. Ada banyak orang yang merasakan apa yang dipikirkan dan rasakan menghasilkan gejala-gejala fisik, ketika banyak berpikir atau memiliki emosi negatif akan berdampak pada kesehatan yang menurun juga. Tak percaya? Berbagai penelitian sudah banyak yang mengungkapkannya.

8265910706_2d04e404cd_o

Misalnya saja sinisme atau bersifat memandang rendah sesuatu atau seseorang. Menurut studi di tahun 2014, sinisme dapat berkembang ke tingkat yang lebih tinggi yakni ketidakpercayaan terhadap seseorang buat mereka lebih berisiko terkena demensia dibandingkan yang bisa memberikan kepercayaan terhadap orang lain.

Lalu, studi di tahun 2009 dalam Jurnal Circulation berdasarkan data 100.000 wanita menemukan partisipan yang miliki sinisme berpotensi lebih besar miliki penyakit jantung. Temuan lain dalam penelitian ini juga temukan wanita pesimis memiliki kesempatan lebih besar untuk meninggal dibandingkan yang optimis akan diri dan masa depannya.

Salah satu emosi negatif lainnya adalah kesombongan. Jika merasa memiliki sifat ini sebaiknya mulai kurangi. Menurut studi di tahun 2014 yang diterbitkan Jurnal Stroke, orang yang tidak ramah berisiko alami stres kronis dan gejala depresi.

Depresi, bisa berdampak pada kehilangan nafsu makan lalu terhubung pada peningkatan terkena diabetes tipe 2, serangan jantung, dan kecacatan di kemudian hari.

Menurut ilmuwan dari Greater Good Science Center, UC Berkeley, Emiliana Simon-Thomas, PhD, pikiran dan emosi memiliki efek yang luas pada tubuh misalnya metabolisme, pelepasan hormon, dan fungsi kekebalan tubuh. Saat stres misalnya, kadar kortisol meningkat yang dapat menyabkan penyakit mudah datang.

Selain itu, perasaaan atau pikiran yang depresi, stres, sinis dapat mengarahkan ke kebiasaan buruk seperti merokok, minum-minuman beralkohol, dan aktivitas nonfisik seperti dilansir laman Health, Kamis (9/7/2015).

Baca Juga:  Kondisi Kesehatan Berikut Ini Bisa Membuat Kita Mudah Merasa Lapar

Untuk mengubah perasaan dan pikiran yang negatif coba ubah perspektif terhadap dunia seperti dikatakan Simon-Thomas.
Berpikir negatif tidak akan membawa kita ke arah perbaikan, justru membuat perasaan tambah buruk (sudah gagal ditambah dengan negatif thinking, double kan??). Dan kemudian akan berakibat kepada performa kita yang mengecewakan. Apabila diteruskan akan menjadi lingkaran yang tidak berujung.

BACA JUGA : Seputar Alat Test Kehamilan