Sering Berhubungan Seks, Semakin Sehat Jantung Pria

DokterSehat.Com – Berhubungan intim tidak sekedar sebuah kewajiban setelah menikah, tetapi juga menjadi cara untuk mengikat keintiman suami dan istri, sekaligus media untuk menumbuhkan kemesraan. Selain untuk melepas hasrat dan gairah, hubungan intim juga cara menunjang kesehatan. Untuk para pria, rutin melakukan hubungan intim bisa membuat jantung mereka semakin sehat, dilansir Newsmaxhealth.



Sebuah penelitian yang dilakukan oleh New England Research Institute pada 1000 pria sejak tahun 1987 menunjukkan bahwa pria yang melakukan hubungan intim setidaknya dua kali dalam seminggu dapat menurunkan risiko memiliki masalah penyakit jantung hingga 45 persen dibanding pria yang hanya berhubungan intim sekali dalam sebulan atau tidak sama sekali. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pria yang memiliki keinginan untuk sering melakukan aktivitas seksual cenderung lebih sehat.

Salah satu asalan mengapa pria yang berhubungan intim lebih sehat adalah hubungan pernikahan yang sehat dan stres yang lebih sedikit (hubungan intim juga dapat menurunkan tingkat stres). Penelitian sebelumnya yang dilakukan National Cancer Institute menunjukkan bahwa pria yang berhubungan intim setidaknya lima kali dalam seminggu akan lebih kecil kemungkinannya mengalami kanker prostat. Sedangkan penelitian dari Wilkes University di Pennsylvania menemukan bahwa hubungan seks satu atau dua kali seminggu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.