Sering Bercukur Bisa Membuat Jenggot Lebih Tebal?

DokterSehat.Com– Belakangan ini jenggot atau brewok tebal menjadi salah satu trend yang digemari oleh kaum pria karena dianggap bisa membuat penampilan menjadi lebih macho dan keren. Mereka yang tidak memiliki jenggot tebal pun akan melakukan berbagai cara seperti dengan membeli obat penumbuh jenggot demi bisa mendapatkannya. Sebenarnya, apakah cara menumbuhkan jenggot yang banyak dilakukan kaum pria ini cukup efektif?

doktersehat-pria-cukur-jenggot

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa biasanya pria akan mulai memiliki bulu halus di wajahnya saat usianya 15-16 tahun. Hanya saja, tidak semua orang bisa langsung mendapatkan jenggot yang tebal. Ada yang baru mendapatkannya saat usianya lebih dewasa. Satu hal yang pasti, tumbuhnya bulu-bulu halus ini sangatlah dipengaruhi oleh gen yang ada di dalam tubuh.

Selain gen, faktor lain yang mempengaruhi tumbuhnya jenggot adalah hormon testosteron. Karena alasan inilah ada beberapa orang yang sengaja menyuntikkan hormon testosteron demi menumbuhkan jenggotnya. Sayangnya, hal ini juga bisa memberikan efek samping berupa rambut rontok, jerawat, hingga gangguan kesehatan hati.

Trik lain yang dilakukan kaum pria untuk membuat jenggotnya lebih tebal adalah dengan rajin mencukurnya. Namun, pakar kesehatan dr. Joel Gelfand dari University of Pennsylvania, Amerika Serikat justru menyebutkan bahwa ada baiknya jenggot dibiarkan saja tumbuh secara alami karena hal ini sama sekali tidak akan berpengaruh besar. Menurut dr. Joel, kerap mencukurnya tidak akan membuat jumlah bulu yang keluar bertambah, namun hanya membuat bulu yang sudah ada sebelumnya menjadi semakin tebal.

Lantas, bagaimana dengan maraknya semacam krim oles yang diklaim mampu menumbuhkan brewok belakangan ini? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kebanyakan produk ini belum terbukti secara ilmiah mampu membuat jenggot menjadi lebih tebal. Hal ini disebabkan oleh penggunaannya yang di luar saja. Padahal, pertumbuhan jenggot lebih dipengaruhi oleh faktor genetik dan hormon dari dalam tubuh.