Sering Beraktivitas Saat Panas, Berikut Cara Menjaga Kesehatan Mata

DokterSehat.Com – Menjaga kesehatan kulit memang sangat penting dilakukan, namun menjaga kesehatan mata, apalagi saat di Indonesia sedang mengalami musim panas panjang dan terik tentu sangat penting dilakukan.

2264352319_be3beb393a_b

Sebab kebanyakan negara-negara tropis sering dilanda dengan musim panas yang ekstrim.

Dalam hal ini Dokter Bedah Mata, Dr Keiki Mehta dan konsultan ahli bedah katarak Dr Nikhil V Nasta, menyarankan beberapa anjuran untuk menjaga kesehatan mata.

Seperti dikutip dari situs Times Of India, berikut ini adalah beberapa cara untuk menjaga mata Anda tetap sehat kala tempat Anda bermukin sedang mengalami musim panas yang ekstrim :

• Hindari Terkena Aliran AC secara Langsung
Ketika duduk di ruangan berpendingin, pastikan udara AC tidak mengarah langsung ke mata. Karena jika dalam beberapa waktu proses itu sering terjadi, bisa menyebabkan kekeringan dan sensitivitas pada mata. Ada bagusnya, mulai sekarang atur jarak Anda dengan udara dari AC agar tidak terkena langsung mengenai mata.

• Obat tetes mata
Bukan hanya kulit yang bisa kering saat musim panas tiba. Namun mata juga bisa menjadi kering. Apalagi bagi Anda yang sering beraktifitas di luar ruangan ketika musim panas panjang dan ekstrim seperti yang terjadi di Indonesia sekarang ini. Saat selesai beraktifitas panjang di luar ruangan yang berdebu apalagi, akan lebih baik untuk meneteskan obat mata agar kelembaban mata terjaga. Adapun, obat tetes mata harus bebas dari pengawet.

• Lindungi Mata Saat Berenang
Saat musim panas, kejadian infeksi kulit di kolam renang sangat rentan membahayakan bagi mata. Sebab dapat meningkatkan jumlah klorin atau bahan kimia lainnya di dalam air. Sehingga sering menyebabkan air kolam renang dapat menyebabkan mata iritasi. Setelah menyelesaikan aktivitas renang di kolam renang, maka segera cuci mata Anda dengan air tawar.

Baca Juga:  Jagalah Kesehatan Matamu Sebelum Terlambat

• Memakai Kacamata Hitam
Sinar ultra violet yang dipancarkan oleh matahari sangat berbahaya bagi kulit serta merusak mata. Terkena langsung sinar ultraviolet, diduga menjadi penyebab katarak, akibat kerusakan retina.

Kacamata yang ideal adalah mereka dengan dilapisi bingkai kaca yang sesuai dengan kegunaannya. Sebab bisa melindungi dari matahari dan debu. Jangan sekali-sekali menyelepekan kesehatan mata.

Kemerahan mata, dapat saja terjadi dengan mudah dan dalam beberapa kasus bahkan kornea mata Anda mungkin mendapatkan terluka.

BACA JUGA : Kenali Kelainan Mata pada Anak