Sering Begadang Tingkatkan Risiko Kanker

DokterSehat.Com – Begadang adalah istilah untuk anda yang sering menunda-nunda istirahat pada malam hari (tidur) sehingga terjaga sampai larut malam. Banyak yang menjadi alasan untuk begadang di mulai karena tuntutan pekerjaan atau hanya sekedar menghabiskan waktu malam anda seperti bermain games, bermain musik atau hanya makan dan minum bersama-sama rekan anda.

15

Pada intinya begadang tidak baik untuk dilakukan karena dapat menghasilkan berbagai efek samping. Kebutuhan tidur yang harus anda penuhi adalah delapan jam perhari, untuk anda yang mungkin kurang dari delapan jam perhari apalagi hanya memiliki waktu tidur kurang dari 5 jam perhari akan meningkatkan beberapa gangguan kesehatan antaranya adalah kanker payudara.

Pernyataan ini didukung oleh sebuah penelitian di Jepang yang dilansir dari situs  healthytips.everyday.com meneliti sampel dengan 24.000 wanita, dan memiliki rentang usia antara 40 tahun hingga 79 tahun. Kemudian, mereka mengetahui bahwa wanita dengan waktu kurang dari 6 jam tidur setiap malam, bisa meningkatkan risiko kanker payudara hingga 62 persen lebih tinggi. Selain kanker payudara jenis kanker yang mungkin terjadi adalah kanker usus besar, Penelitian mengungkapkan bawah orang yang tidur kurang dari 6 jam semalam akan mengakibatkan resiko kanker usus besar sampai dengan 47 persen.

Selain akan memicu resiko kanker payudara dan kanker usus besar juga akan mengakibatkan gangguan kesehatan lainnya yaitu :

  • Kematian
    University of Copenhagen dalam situs healthytips.everyday.com membuat sebuah penelitian yang dilakukan dengan rentang 10 tahun yang melibatkan 16.000 orang. Pada penelitian ini mereka mendapatkan laporan yang buruk karena orang-orang yang kurang tidur akan mengalami risiko kematian hingga 2 kali lipat lebih besar daripada yang memiliki tidur cukup.
  • Bisa menurunkan daya tahan tubuh
    Pada saat tidur sebenarnya tubuh melakukan proses regenerasi sel akan tetapi jika anda memiliki kebiasaan tidur yang buruk seperti begadang. Hal ini akan membuat tubuh anda akan lemah dan mudah terserang penyakit.
  • Membuat tubuh menjadi gemuk
    Dengan mengurangi jam tidur anda, badan anda menjadi cepat lemas sehingga membuat anda makan lebih banyak dari porsi biasa. Meskipun untuk anda yang masih berusia muda, tidak mempengaruhi nafsu makan akan tetapi akan mengakibatkan tubuh menjadi lambat dalam membakar kalori. Begadang akan mengakibatkan andanya peningkatan hormon tubuh yaitu leptin yang akan berguna untuk mengontrol nafsu makan.
  • Diabetes
    Untuk anda yang sering menghabiskan waktu malam untuk hal yang tidak berguna sebaiknya kurangi kebiasaan ini. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang dengan diabetes tipe dua dengan kurang tidur dapat meningkatkan glukosa hingga 9 persen lebih tinggi. Hal ini dipicu karena ketika begadang anda sering memilih makanan yang justru tidak dapat diproses oleh tubuh sehingga meningkatkan resiko diabetes sebesar 23 persen.
  • Penyakit jantung
    Penyakit yang disebut sebagai silent killer ini dapat disebabkan karena pola tidur anda. Sebuah studi yang diterbitkan oleh jurnal Sleep dalam situs yang sama healthytips.everyday.com menunjukkan bahwa orang yang tidur kurang dari 7 jam setiap malam dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Bahkan, wanita di bawah usia 60 tahun dengan 5 jam waktu tidur dapat mengalami peningkatan risiko penyakit jantung hingga 2 kali lipat.