Sering Alami Mulut Kering di Malam Hari? Inilah Penyebabnya

doktersehat-mulut-kering

DokterSehat.Com– Mulut kering atau dalam bahasa medis disebut xerostomia adalah kondisi yang bisa dialami pada sekali waktu. Kondisi ini pada dasarnya adalah sesuatu yang normal, namun apabila mulut kering berlangsung secara berkelanjutan hal ini harus mendapatkan perhatian serius.

Untuk diketahui, air liur memiliki peranan penting untuk kesehatan tubuh seperti mencegah perkembangan bakteri jahat, mencegah kerusakan gigi, membantu lidah dalam mencicipi makanan, mempermudah untuk menelan makanan, dan membantu mencerna makanan. Kekurangan air liur dalam mulut akan menyebabkan berbagai masalah, seperti radang gusi, gigi berlubang, hingga infeksi jamur pada mulut.

Lantas, kenapa mulut kering sering terjadi di malam hari?

Seperti dikutip dari Healthline, mulut kering di malam hari adalah sesuatu yang sangat umum terjadi, terutama pada orang yang berusia di atas 65 tahun. Hal ini disebabkan karena seiring bertambahnya usia, produksi air liur dalam tubuh menurun hingga 40 persen. Masalah mulut kering yang sering terjadi pada malam hari juga bisa disebabkan oleh obstruksi nasal yang memaksa Anda bernapas melalui mulut.

Sementara itu, terdapat obat-obatan yang dapat menyebabkan mulut kering atau membuat masalah menjadi lebih buruk. Diperkirakan, 60 persen obat yang diresepkan secara teratur dapat memiliki efek samping mulut kering. Beberapa obat itu antara lain:

  • Obat tekanan darah
  • Antihistamin
  • Antidepresan
  • Obat anti-kecemasan

Penyebab lain mulut kering dapat meliputi:

    • Diabetes
    • Sindrom Sjogren (gangguan autoimun di mana sel darah putih menyerang kelenjar tubuh air mata dan ludah)
    • Kemoterapi
    • Radiasi
    • Kerusakan saraf
    • Penggunaan narkoba

Selain itu, waktu malam hari biasanya Anda tidak mengonsumsi asupan makanan atau minuman dalam waktu yang lama yang pada akhirnya bisa menyebabkan dehidrasi. Ditambah lagi dengan suhu udara malam yang dingin dan kering, serta keluarnya keringat di malam hari. Beberapa hal ini tentu bisa menyebabkan tenggorokan dan mulut terasa kering saat bangun pagi.

Kebiasaan mendengkur juga akan cenderung membuat mulut, lidah, dan tenggorokan terasa sangat kering saat bangun tidur. Getaran pada saluran pernapasan akibat adanya sumbatan saat tertidur dan minimnya pasokan air liur akan membuat tenggorokan sama sekali tidak terkena cairan apapun. Akibatnya, mulut terasa sangat kering.

Mulut kering bisa menimbulkan bibir retak-retak, kesulitan menelan dan bau tidak sedap. Untuk menghilangkan beberapa masalah Anda harus segera minum air putih setelah bangun tidur. Minum air putih sangat bagi tubuh untuk mengganti cairan tubuh yang hilang sepanjang malam.

Penanganan Mulut Kering di Malam Hari

Perawatan medis bergantung pada penyebab mulut kering, sehingga perawatan untuk mulut kering di malam hari dapat bervariasi dari orang ke orang. Jika mulut kering Anda di malam hari adalah karena obat yang Anda minum, maka tindakan penanganan rumahan sederhana tidak akan membantu. Biasanya, dokter akan mengganti obat atau menyesuaikan dosis. Dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan tertentu yang membantu tubuh Anda menghasilkan air liur.

Sementara jika mulut kering disebabkan oleh masalah hidung seperti septum yang sangat menyimpang sehingga menyebabkan mulut terbuka untuk bernapas, dokter mungkin akan menyarankan operasi. Septoplasti adalah prosedur yang biasa dilakukan untuk memperbaiki septum yang menyimpang. Gejala yang berhubungan dengan obstruksi nasal dari septum yang menyimpang akan hilang setelah Anda melakukan operasi.

Untuk memacu meningkatnya aliran air liur, Anda dapat mengisap permen bebas gula. Tidak hanya itu, mengonsumsi banyak air putih atau susu juga dapat meningkatkan kelembaban. Selain mengonsumsi banyak air putih dan mengisap permen bebas gula, cara-cara berikut ini juga dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya mulut kering, antara lain:

  • Tidak merokok.
  • Batasi konsumsi minuman berkafein dan beralkohol.
  • Batasi makanan yang terlalu manis, asam, pedas, atau asin.
  • Hindari menarik napas melalui mulut terlalu sering.

Jika beberapa hal diatas sudah dilakukan dan tidak berhasil mengatasi mulut kering, Anda harus pergi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik