informasi kesehatan


Serba Serbi Umum Kanker Anak

Serba Serbi Umum Kanker Anak

Apakah Anak-Anak bisa terkena Kanker?

Anak-anak bisa terkena kanker, tapi kanker pada anak-anak tidaklah umum. Di negara-negara maju dengan data statistik yang lebih lengkap, setiap tahun  kanker terjadi pada 120-160 per 1.000.000 anak-anak di bawah usia 15 tahun. Kira-kira, satu dalam setiap 300-500 orang akan terkena kanker sebelum mencapai usia 20 tahun.

Mengapa Anak-Anak Terkena Kanker?

Untuk sebagian besar kanker, jawaban atas pertanyaan ini masih belum pasti.  Dari setiap anak yang mengidap kanker, hampir mustahil kita mengetahui mengapa dia mengidap kanker itu.

Dari sudut pandang statistik, kami menemukan bahwa kanker pada anak-anak bisa terkait dengan cacat genetika, penyimpangan kromosom, defisiensi kekebalan tubuh, infeksi seperti virus Epstein-Barr, virus Hepatitis B dan infeksi virus HIV (human immunodeficiency virus),  terpapar sinar radiasi, pengobatan yang bersifat menekan kekebalan tubuh, atau bahkan akibat pengobatan anti kanker.

Sebaliknya, TIDAK ADA bukti atau kurang ada bukti bahwa hal-hal berikut ini terkait dengan kanker pada anak-anak: pola makan ibu saat kehamilan, suntikan vitamin K yang diberikan pada bayi baru lahir, vaksinasi, medan elektromagnetik, atau kabel listrik di dekat tempat tinggal.

Apakah Kanker pada Anak-Anak Mirip dengan Kanker pada orang Dewasa?

Tidak, kanker pada anak-anak bersifat unik (lihat di bawah ini). Bahkan untuk kanker berjenis sama, sifat-sifat biologi dan respon terhadap pengobatan sangat berbeda antara anak-anak dan orang dewasa. Secara umum, hasil pengobatan kanker pada anak-anak lebih baik daripada pada orang dewasa. Oleh karena itu, tidaklah tepat untuk menerapkan apa yang diketahui tentang kanker pada orang dewasa pada anak-anak.

Penyelidikan apa yang Diperlukan?

Penyelidikan diperlukan untuk (a) memastikan diagnosis dan menggolongkan jenis kanker, dan (b) menentukan stadium penyakit. Hasilnya penting untuk menentukan pengobatan yang paling tepat untuk si anak. Selain evaluasi fisik, anak akan menjalani uji darah dan urine, penelitian melalui scanning dan pengambilan gambar (imaging), dan sebagian jaringan tumor akan diambil untuk pemeriksaan mikroskopik (diagnosis patologi). Beberapa anak mungkin juga memerlukan biopsi sumsum tulang.

Bagaimana Mengobati Kanker Pada Anak-Anak?

Setelah diagnosis dikonfirmasi dan kanker diketahui golongan dan stadiumnya, dokter akan menentukan pengobatan atau kombinasi pengobatan  yang terbaik bagi si anak. Pilihan pengobatannya mencakup pembedahan, kemoterapi, radioterapi dan unsur-unsur biologi lainnya.

Apakah Anak-Anak Dapat Tahan dengan Pengobatannya?

Jawabnya adalah “ya”, tapi mereka membutuhkan  pengobatan pendukung yang baik.  Pengobatan kanker pada anak-anak melibatkan komplikasi, baik tiba-tiba maupun tertunda. Beberapa komplikasi ini, misalnya perdarahan dan infeksi, bisa menjadi berbahaya. Anak-anak penderita kanker harus dirawat di pusat pengobatan yang khusus, dengan tim medis yang berpengalaman dan fasilitas lengkap.

Apa Hasil Pengobatannya?

Hasil pengobatan anti kanker pada anak-anak  tergantung pada penyakit utama dan tingkat keparahannya (lihat di bawah) Secara keseluruhan, 70-75% anak-anak yang didiagnosis mengidap kanker sampai hari ini diharapkan bisa bertahan hidup sampai lama (dan tersembuhkan), jika mereka dirawat dengan protokol kontemporer oleh tim medis berpengalaman dengan fasilitas pendukung yang baik.

source

pf button both Serba Serbi Umum Kanker Anak
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

2 Responses to “Serba Serbi Umum Kanker Anak”

  1. vony says:

    anak dapat terkena kanker mulai dari usia berpa dan dapat dideteksi mulai dari usia berapa?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. Diana says:

    baru denger

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0