Serat Sangatlah Penting Bagi Kesehatan Anak

DokterSehat.Com – Anak-anak memiliki kecenderungan untuk menyukai makanan tertentu saja dan sayangnya sebagian anak justru kurang menyukai makanan yang kaya akan serat dan lebih memilih untuk memakan makanan yang mengandung lemak atau gula. Selain rasa makanan berlemak atau mengandung gula akan terasa lebih enak, banyak orang tua yang kurang kreatif dalam mengolah makanan membuat makanan berserat layaknya sayuran akan terlihat kurang menarik bagi anak-anak. Padahal, makanan berserat jelas menjadi salah satu asupan yang sangat penting bagi kesehatan dan pertumbuhan anak-anak.

doktersehat-anak-makan-sehat

Pakar kesehatan dan gizi Leona Victoria APD menekankan pentingnya kebutuhan harian serat pada anak. Dengan banyak memakan makanan bersrat, saluran pencernaan akan menjadi lebih lancar dan lebih baik dalam menyerap vitamind an mineral. Selain itu, anak yang banyak mengkonsumsi serat akan cenderung lebih sedikit mengkonsumsi makanan berserat mengingat perut akan mencerna makanan lebih lama dan mampu membuat perut terasa selalu kenyang. Hal ini berarti, kadar kolesterol dalam tubuh anak pun akan cenderung lebih stabil sehingga resiko terkena gangguan kardiovaskular dan jantung pun menurun. Manfaat lain bagi anak jika mengkonsumsi makanan berserat tinggi adalah kemampuannya menjaga keseimbangan kadar insulin dan juga gula darah. Bagi anak-laki-laki sendiri, konsumsi serat diyakini mengurangi resiko terkena kanker usus yang sangat berbahaya.

Anak-anak memiliki kebutuhan mencerna serat setidaknya 19-25 gram setiap harinya. Pakar kesehatan menyebutkan jika serat ini akan bisa didapatkan dari bahan makanan layaknya sayuran maupun buah-buahan, bahan makanan yang justru kerap tidak disukai oleh anak-anak. Selain itu, makanan layaknya roti gandum juga bisa dijadikan alternatif untuk memenuhi asupan serat harian.

Ada baiknya orang tua mulai menjadi lebih kreatif agar makanan berserat akan lebih menarik bagi anak-anak. Selain itu, beberapa camilan kaya serat layaknya kacang-kacangan atau sereal juga bisa menjadi asupan tambahan yang akan sangat baik bagi anak-anak.