Serangan Jantung Bisa Muncul Saat Kita Tidur. Waspadai Gejalanya Berikut Ini

DokterSehat.Com– Cukup banyak kasus kematian yang terjadi saat seseorang sedang tidur terlelap. Salah satu penyebab dari kematian saat tidur ini adalah serangan jantung. Sebenarnya, bagaimana bisa serangan jantung ini muncul saat seseorang dalam kondisi terlelap?

doktersehat-tidur-REM

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa serangan jantung terjadi saat aliran darah yang kaya akan kandungan oksigen tiba-tiba saja terhambat sehingga tidak mampu memasuki jantung. Jantung yang tidak mendapatkan asupan darah dan oksigen ini tentu bisa memicu kematian. Ada cukup banyak penyebab dari serangan jantung ini, dari penyakit jantung coroner, penyempitan pada pembuluh darah arteri, atau robekan pada arteri jantung. Berikut adalah gejala dari serangan jantung yang bisa saja muncul saat waktu tidur yang patut untuk kita waspadai.

Sakit pada dada
Gejala paling umum dari serangan jantung adalah sakit pada bagian dada. Yang menjadi masalah adalah, rasa sakit ini kerap kali tergolong ringan sehingga kerap kali diabaikan oleh banyak orang. Karena alasan inilah ada baiknya kita mewaspadai rasa sakit pada dada meskipun tidak begitu nyeri.

Tubuh yang terasa sakit
Tak hanya bagian dada, seluruh tubuh, khususnya bagian leher, tangan, perut, dan punggung para penderita serangan jantung juga akan merasakan nyeri. Jika rasa nyeri ini juga dikombinasikan dengan nafas yang semakin pendek, maka ada baiknya anda mewaspadai serangan jantung saat tidur.

Detak jantung yang tidak normal
Jika saat bangun tidur di pagi hari detak jantung terasa tidak normal, ada baiknya anda segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter karena bisa jadi hal ini adalah gejala awal dari serangan jantung. Detak jantung yang tidak normal dan berlangsung lebih dari 5 menit juga sebaiknya kita waspadai.

Baca Juga:  Serangan Jantung - Epidemiologi dan Patofisiologi

Keringat berlebihan saat malam hari
Jika tubuh mengeluarkan banyak keringat meskipun suhu udara tidak terlalu panas, maka bisa jadi ini adalah gejala dari serangan jantung. Jika saat bangun tidur sprei terlihat basah kuyup, maka ada baiknya kita mewaspadainya dan segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter.

Sulit tidur nyenyak
Jika anda kesulitan untuk tidur dengan nyenyak dalam beberapa hari terakhir dan disertai dengan rasa lelah yang luar biasa di siang hari, ada baiknya anda memeriksakan kondisi ini ke dokter karena bisa jadi hal ini adalah tanda dari serangan jantung.