Seputar Tentang Tremor

DokterSehat.Com – Tremor adalah gerakan spontan atau gemetar dari setiap bagian tubuh (bahkan kepala Anda atau suara mungkin terlibat), hal ini sering paling mencolok di tangan Anda. Tremor esensial jarang hadir ketika tangan tidak sedang digunakan. Hal ini menjadi paling jelas ketika orang yang terkena sedang mencoba untuk melakukan sesuatu, seperti meraih sebuah objek atau menulis.

doktersehat-tremor-esensial-gangguan-kepribadian-ambang

Tremor dapat terjadi pada segala usia tetapi cenderung lebih umum pada tua people.You dapat mengembangkan Getaran dari kelelahan, stres, kecemasan, atau bahkan marah. Namun, tremor berkelanjutan yang tidak terkait dengan perubahan dalam keadaan emosi Anda dapat menjadi tanda kondisi medis yang mendasari dan harus dievaluasi. Anda dapat belajar, seperti banyak orang, bahwa tremor Anda normal, tetapi alasan medis untuk menghilangkan gemetar adalah penting.

Penyebab
Setiap orang mengalami tremor pada tingkatan tertentu, yang disebut tremor fisiologis, meskipun kadang sangat ringan sehingga tidak dihiraukan. Tremor terjadi karena adanya gangguan pada persarafan yang menuju ke otot yang terkena, tremor dikelompokkan berdasarkan kecepatan dan irama gerakannya, dimana dan seberapa sering terjadi serta beratnya:

  1. Tremor aksi, terjadi ketika otot dalam keadaan aktif.
  2. Tremor istirahat, terjadi ketika otot sedang beristirahat. Meskipun penderita sedang beristirahat total, lengan atau tungkainya bisa terus gemetaran. Tremor ini bisa merupakan pertanda dari penyakit Parkinson.
  3. Tremor yang disengaja, terjadi jika seseorang membuat gerakan yang disengaja, tremor ini bisa terjadi pada seseorang yang memiliki kelainan pada serebelum (otak kecil) atau penghubungnya. Yang sering menyebabkan terjadinya tremor ini adalah sklerosis multiple, tremor yang disengaja juga bisa terjadi pada penyakit neurologis lainnya, stroke atau alkoholik menahun. Tremor yang disengaja lebih lambat daripada tremor esensial serta menyebabkan gerakan yang lebih luas dan serabutan.
  4. Tremor esensial merupakan tremor yang biasanya mulai timbul pada masa dewasa, yang secara perlahan menjadi semakin nyata dan tidak memiliki penyebab yang pasti. Tremor esensial biasanya bersifat ringan dan tidak menunjukkan adanya penyakit yang serius, tetapi bisa mengganggu, yaitu mempengaruhi tulisan tangan, menyebabkan kesulitan dalam menggunakan perkakas dan mempermalukan penderitanya. Keadaan ini bisa diperberat oleh stres emosional, kecemasan, kelelahan, kafein atau obat perangsang yang diresepkan oleh dokter. Obat-obatan (terutama untuk asma dan emfisema) juga bisa memperburuk tremor esensial.
  5. Tremor senilis adalah tremor esensial yang timbul pada usia lanjut.
  6. Tremor familial merupakan tremor esensial yang terjadi di dalam satu keluarga.
Baca Juga:  Albuminuria, Rawan Menyerang Penderita Hipertensi

Gejala

  • Otot kaku, kekakuan otot (kekakuan) sering terjadi pada tungkai dan leher Anda. Terkadang kekakuan bisa begitu parah sehingga membatasi ukuran gerakan Anda dan menyebabkan nyeri.
  • Sakit kepala ringan
  • Keringat dingin
  • Muntah
  • Kehilangan nafsu makan
  • Insomnia
  • Gelisah
  • Nadi cepat
  • Kecemasan dan halusinasi pendengaran

Pengobatan
Jika sifatnya ringan dan tidak mengganggu kegiatan sehari-hari, biasanya tidak diperlukan pengobatan. Obat-obat yang bisa mengurangi tremor adalah propanolol, misolin dan anti kejang lainnya, serta obat penenang yang ringan. Kafein (di dalam kopi dan soda) dan perangsang lainnya harus dihindari, karena bisa memperburuk keadaan ini.