Seputar Selulit

DokterSehat.com – Pasti Anda pernah mendengar keluhan pada kulit yang satu ini, bukan? Selulit. Biasanya gangguan ini terjadi pada orang yang gemuk atau yang memiliki banyak lemak. Selulit ini merupakan lemak yang muncul seperti gumpalan kulit pada paha, pinggul dan bokong. Selulit ini memang bukan penyakit medis yang serius, akan tetapi tidak enak dilihat, apalagi bagi wanita.



Selulit terlihat seperti lesung atau gumpalan kulit. Bahkan kadang juga digambarkan seperti keju atau kulit jeruk. Selulit ringan hanya dapat terlihat ketika menjepit kulit tersebut. Umumnya, selulit ini ditemukan pada paha dan bokong, tapi juga dapat ditemukan pada payudara, perut bagian bawah dan lengan atas.

Sebenarnya apakah yang menyebabkan timbulnya selulit pada kulit ini? Penyebabnya adalah syaraf serabut penghubung yang menghubungkan kulit ke otot menambatkan kulit ke struktur bagian dalam. Dengan adanya lemak yang terdapat di antaranya, lemak akan mendorong kulit. Hal ini membuat permukaan kulit menjadi bergelombang.

Kebanyakan yang mendapat gangguan ini adalah wanita. Mengapa? Karena lemak pada wanita biasanya terdapat pada area paha, pinggul dan bokong. Selulit ini juga biasanya disertai dengan bertambahnya umur dimana kulit kehilangan banyak elastisitasnya.

Stress, gaya hidup yang tidak aktif, menggunakan kontrasepsi hormonal merupakan faktor lain yang dapat meningkatkan peluang seseorang memiliki selulit.

Saat ini, banyak produk perawatan kulit termasuk pijatan dan krim yang diindikasikan untuk menghilangkan selulit ini. Namun, hal tersebut tidak memberikan perbaikan yang berarti. Cara mencegah timbulnya selulit ini juga belum ditemukan secara pasti. Yang bisa dilakukan adalah jaga berat badan ideal dan berolahraga secara teratur agar dapat menjaga tekstur kulit tetap kencang.

Sumber: health.kompas.com