Seputar Penyakit Jantung, Silent Killer Yang Mengerikan

DokterSehat.Com – Kita tentu sering mendengar ada orang yang tiba-tiba meninggal secara mendadak tanpa adanya penyebab apapun. Pakar kesehatan sering menyebut penyebab kematian mendadak ini dari penyakit silent killer yang biasanya adalah akibat dari serangan jantung. Tanpa adanya gejala-gejala apapun, baik pria maupun wanita ternyata bisa mengalami serangan jantung yang mematikan. Bahkan, Tempo mencatat jika 30 persen pria dan 45 persen wanita bisa tiba-tiba terkena penyakit jantung tanpa adanya gejala apapun sebelumnya. Untuk menghindari serangan jantung mendadak, kita tentu harus rajin-rajin mengecek kondisi tubuh agar bisa melakukan pencegahan dengan lebih dini.

doktersehat-serangan-jantung-heart-attack

Pakar kesehatan menyebutkan jika pencegahan serangan jantung bisa dilakukan jika kita rajin-rajin melakukan pengecekan di puskesmas, klinik, atau bahkan rumah sakit terdekat. Hal pertama yang harus dicek tentu saja adalah tekanan darah kita. Usahakan tekanan darah kita dalam kondisi yang normal, yakni 100-140 mmHg (sistolik) dan juga 60-90 mmHg (diastolik). Setelah tekanan darah, serangan jantung juga kerap dikaitkan dengan kandungan lemak dan kolesterol dalam tubuh sehingga harus dicek dengan benar. Dalam tubuh yang normal, kandungan kolesterol seharusnya sekitar 160-200 mg dan kadar lemak atau trigliserida di dalam darah sebaiknya berada dalam kondisi normal, yakni kurang dari 150 mg/dl. Kandungan lemak darah yang lebih besar dari angka tersebut tentu harus ditangani secara lebih serius.

Selain melakukan pengecekan secara berkala, kita juga harus rajin-rajin melakukan oleharga secara teratur. Tak perlu melakukan olahraga yang sulit ataupun mahal. Berjalan kaki, berlari, atau bahkan bersepeda dengan rutin setidaknya dua atau tiga kali seminggu selama 30-60 menit bisa mencegah penyakit silent killer ini menyerang kita. Selain itu, jagalah asupan makanan kita agar tidak membuat kadar lemak dalam darah dan kolesterol meningkat secara drastis karena bisa membuat serangan jantung tiba-tiba menyerang dan mengancam nyawa kita.