Seputar Muntaber Pada Anak

DokterSehat.ComApa saja yang dapat menyebabkan muntaber pada anak?
Penyebabnya banyak sekali dan berbeda-beda pada pasien. Infeksi pada sesuatu bagian tubuh (infeksi kerongkongan atau telinga) mungkin penyebabnya. Atau bisa juga karena si kecil salah makan. Penyebab tersering muntaber pada anak adalah infeksi gastroenteritis, yang ditebarkan oleh lalat dan mencemarkan makanan, susu, dan alat-alat makan.

doktersehat-hiv-aids-anak-demam-hidung-tersumbat

Apakah berbahaya bila diabaikan?

Tentu saja iya. Suatu infeksi pada usus besar masih membahayakan. Maka dari itu, jangan sekali-kali menganggap enteng serangan muntaber, apalagi bila terjadi pada bayi yang faktor kekebalan tubuhnya masih rendah. Selain itu muntaber yang banyak dapat menyebabkan kehilangan cairan pada anak (dehidrasi). Dalam sehari saja, hilangnya berat badan sudah mencolok. Tubuh ini terdiri dari sebagian besar cairan, bila cairan tubuh itu hilang maka kesehatan yang normal pun hilang, tubuh menjadi lesu, kurus, dan pucat. Bila dehidrasi pada anak tidak segera teratasi, maka dapat menyebabkan syok hipovolemik dan bila dibiarkan kematian dapat terjadi.

Apa perawatan yang dianjurkan?

Perawatan di rumah bisa langsung diberikan. jenis makanan yang biasa harus segera dihentikan. Kalau bisa sejumlah cairan diusahakan untuk diberikan, pemberian cairan ini tidak akan membuatnya kembali muntah.

Cairan apa yang dokter sarankan?

Cairan yang disarankan adalah larutan oralit (air putih matang dicampur dengan gula dan garam) dan ASI. Tidak dianjurkan untuk minum cairan lain seperti teh, dan susu formula pada bayi. Mengapa teh dan susu formula tidak dianjurkan? Karena teh apabila diminum, nantinya akan mengikat zat besi dalam saluran pencernaan dan dapat menyebabkan Anemia Defisiensi Besi pada anak. Susu formula juga tidak dianjurkan karena susu formula memiliki kadar lemak yang tinggi. Susu formula sering menambah rasa mual dan muntah-muntah bahkan juga diare.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Bayi Yang Bosan

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anak ada 🙂