informasi kesehatan


Seputar Mengenai Ikan Buntal / Fugu / Kembung

Seputar Mengenai Ikan Buntal / Fugu / Kembung

            

DokterSehat - Bagian yang paling beracun dari fugu adalah hati, telur, dan saluran pencernaannya. Tetapi bila pada saat pengolahan terkontaminasi oleh bagian organ dalam yang pecah, daging menjadi sangat beracun dan mematikan.

Racun yang terkadung pada bagian dalam ikan buntal ini disebut Tetrodotoksin (TTX). Dosis mematikan racun ikan buntal bagi manusia diperkirakan 2 mg TTX. Racun ini sangat mematikan dan akan bereaksi pada korbannya hanya dalam waktu kurang dari setengah jam. Oleh karena itu pada umumnya di restoran tertentu makanan ini akan dihidangkan oleh sang koki setengah jam setelah masak dan dicoba oleh Chef koki tersebut sebelum dihidangkan untuk menjamin keamanannya.

Racun ini belum mempunyai antidote! Memasak tidak merusak racun tersebut.  Sebaiknya hindari pandangan masyarakan yang salah mengenai memasak dapat membunuh racun tersebut.

Gejala keracunan TTX ini, akan diawali oleh rasa mual, muntah2, mati rasa dalam rongga mulut, selanjutnya mucul gangguan fungsi saraf yang ditandai dengan rasa gatal di bibir, kaki dan tangan. Gejala selanjutnya adalah terjadinya kelumpuhan dan kematian akibat sulit bernafas dan serangan jantung. Gejala tersebut timbul selama 10 menit pertama hingga 30 menit dan setelah itu akan menimbulkan kematian.

Oleh karena itu apabila anda mengalami gangguan diatas setelah mengkonsumsi ikan fugu ini ada baiknya anda segera ke rumah sakit untuk “dipompa” perut anda untuk mencegah racun masuk lebih dalam ke dalam tubuh melalui pencernaan, ini harus dilakukan sebelum 30 menit setelah makanan masuk ke dalam tubuh. Setelah itu pun , tetap waspada karena terkadang racun dapat bereaksi dalam 6 jam pertama setelah daging itu dipompa keluar.

Lantas mengapa ikan buntal ini sendiri mampu bertahan hidup meskipun memiliki kandungan racun yang mematikan di dalam tubuhnya ?

Para peneliti dari Institute of Molecular and Cell Biology (IMCB) dan National University of Singapore (NUS) bahkan menunjukkan bahwa ikan buntal menggunakan racun tersebut. Racun tetrodotoxin yang 20 kali lipat lebih mematikan daripada sianida ini digunakannya untuk membantu proses perkembangbiakan dan menghindari pemangsa.

Melalui proses yang disebut adaptasi evolusi, ia menjadi kebal terhadap racun tetrodotoxin yang berasal dari sesuatu yang dimakannya, khususnya dari makhluk hidup laut yang terkontaminasi racun.

Mengingat resiko yang tinggi jika ikan ini salah dalam pengolahannya, maka di Jepang hanya koki-koki yang memiliki sertifikat dari Departemen Kesehatan lah yang diizinkan untuk mengolah ikan buntal ini untuk dikonsumsi umum. Sehingga di Jepang, menu masakan yang mengandung ikan buntal harganya cukup mahal. Di sebuah restoran di Osaka menjual menu ikan buntalnya dengan harga 10.500 yen atau sekitar Rp 840.000.

Selain di negara Jepang ada baiknya berhati-hati untuk memakannya, khususnya di Indonesia, sebab belum ada sertifikasi koki yang menjamin ikan buntal tersebut dimasak oleh ahlinya. Di Singapore sendiri terjadi kasus keracunan ikan fugu oleh salah satu restoran Jepang yang hampir memakan korban jiwa sang Chef yang sedang mencoba makanan tesebut. Bahkan di Thailand tahun 2004-2007, 115 korban dirumahsakitkan karena mengkonsumsi daging ini dan 15 orang meninggal, sekalipun sebenernya ikan ini sudah di banned masuk ke Thailand sejak 2002.

pf button both Seputar Mengenai Ikan Buntal / Fugu / Kembung


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

20 Responses to “Seputar Mengenai Ikan Buntal / Fugu / Kembung”

  1. dr. rudy says:

    saya dulu pernah makan ikan ini juga di Jepang, rasanya sebenernya biasa saja, mungkin lebih dikarenakan perasaan dan kenikmatan memakan sesuatu yang berbahaya saja. Gengsi semata.

    Kurang disarankan untuk memakan jenis ikan beracun ini di sembarang tempat yang tidak bersetifikasi. Apalagi memasak sendiri. Bisa membawa akibat fatal

    Well-loved. Like or Dislike: Thumb up 10 Thumb down 2

  2. SUKIJAH says:

    Hidden due to low comment rating. Click here to see.

    Poorly-rated. Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 8

  3. ocol says:

    mending sih buat amal aja uangnya drpd bl yng bahaya gitu!

    Well-loved. Like or Dislike: Thumb up 8 Thumb down 0

  4. joker jibril says:

    Hidden due to low comment rating. Click here to see.

    Poorly-rated. Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 3

  5. luthfi says:

    Ternyata benar apa yang dikatakan di komik yang saya baca (Det. Conan). Racun TTX lebih mematikan dosisnya u/ orang dewasa..

    Like or Dislike: Thumb up 2 Thumb down 0

  6. fany says:

    kalo gitu kok bisa ya? aku sekarang punya ikan buntal nih tapi kok ga besar2 ya?

    Like or Dislike: Thumb up 1 Thumb down 0

  7. zefa says:

    hehe aku gak punya ikan buntal tapi aku, bingung kok bisa ya ikan buntal masi bisa hidup kalo ada yg tau kasi tau aku ya !

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  8. zefa says:

    @fany – emang dikasi makan apa Mas?? klo dikasi makan tanah ya GAK AKAN GEDE… hehe bercanda aja Mas kan saya orang YG H.U.M.O.R.I.S :) :)

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  9. zefa says:

    aku ada TUGAS sekolah nih!! BAGAIMANA CIRI KHAS IKAN BUNTAL. ada yg bisa bantu gak ciri khas nya yang SIMPEL DAN PADAT
    makasih ya :) :) :) :) :) :) :) :) :)

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  10. zefa says:

    Kok gak Dijawab :( :( :(

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  11. zefa says:

    Ngajak KElai SEMUA :p :p

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  12. SANDY says:

    TIPS nya gimana ??

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  13. dony drajat says:

    Ha?!!! ternyata chef international pun kalah ama nelayan tradisional kita. Mereka bisa ngilangin racunnya dgn cara sederhana yakni melumuri daging ikan tsb ama empedunya si buntal sendiri.
    Cekidot di acara tivi kalo gak salah “petualangan si gundul”

    Like or Dislike: Thumb up 2 Thumb down 2

  14. mendingan makan tongkol saja gurih n aman murah lagi hehehe

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Boy says:

      Hello Rina,Thank you for another wnrdeoful and delightful writing. I’m also fascinated by your childhood story. But what excites me more is that you said, you’re from East of Manila and you know where Fun Ranch is!Yikes! I just live right across that amusement park in Pasig.I’m sorry, I think I’m missing out the context of your today’s entry. HihiMy kids aren’t really fond of listening to stories for they’d rather watch movies with their dad before going to sleep.I think I missed that mommy part but I’m happy that my boys bonded so well, I could not even get inside their world when they began hitting their force field.One thing I remembered,when Mico is still our only son, my husband would tell to him our love story in the most hilarious way. And so he grew up teasing me and having fun on how I ended up with his dad. It’s always a laughter to remember. I thank God for that. It’s all worth it. Hearing my son laugh so hard makes everything a wnrdeoful music to my ears.God bless you more and inspire us even more.margotpdiaz

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • mtxlpgsn says:

      QG9zQl klzidnhropgk

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  15. lagipula enaknya g seberapa, mahal lg. tp berisiko bgt klo di konsumsi gagagagaaaaa

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  16. Anonymous says:

    Menakutkan…..,,, aku barusan dapat ikan fugu hasil mancing di pangandaran tp takut….. Buang aja ach

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  17. Hibnu Abdillah says:

    daripada ngambil resiko makan itu ikan,lebih baik gk usah d makan =berbahaya

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0


Trackbacks/Pingbacks

  1. Seputar Mengenai Ikan Buntal / Fugu / Kembung | Dokter Sehat « Blog Archive « nurarsy - [...] Seputar Mengenai Ikan Buntal / Fugu / Kembung | Dokter Sehat. Share this:TwitterFacebookLike this:LikeBe the first to like this …