Seputar Masuk Angin dan Kerokan

DokterSehat.Com– Sebagian orang mendiskripsikan masuk angin dengan gejala seperti badan lemas, mual, dan sakit kepala. Menurut dr. Pauline masuk angin bisa jadi karena hipoglikemia (kadar gula darah rendah). Kadar gula darah di bawah normal bisa dipicu akibat telat makan. Jika tidak makan pada waktunya, gula darah akan drop. Lalu keluar keringat dingin, kurang konsentrasi, sakit kepala, dan gejala lainnya yang dapat membuat kurang enak badan.

doktersehat-wanita-sakit-flu-fever-demam-masuk-angin-masker

Jika Anda mengalami gejala kurang enak badan sebaiknya minumlah tes manis hangat. Rasa manis di dalam teh yang berasal dari gula dapat mengatrol merosotnya kadar gula darah.

Pada umumnya masuk angin identik dengn kerokan. Banyak orang yang percaya bahwa dengan melakukan metode tradisional ini angin dapat keluar dari dalam tubuh. Benarkah hal itu bisa terjadi?

Dr. Pauline menerangkan bahwa pada prinsipnya kerokan adalah memasukkan zat ke dalam tubuh lewat pori-pori. Ketika kerokan, pinggiran logam mata uang menggores permukaan kulit kita. Goresan yang berulang membuat pori-pori melebar. Tindakan ini membuat panas tubuh (demam) lebih gampang keluar sehingga suhu tubuh yang semula meninggi berangsur melorot.

Selain itu ketika kerokan berlangsung, pinggiran uang logam menekan permukaan kulit. Tindakan ini memberikan penekanan seperti terjadi pemijatan. Ini memberi efek pemanjangan pada otot-otot yang memendek karena peradangan. Gerakan ini memberi efek positif. Rasa pegal dan nyeri berangsur sirna seiring dengan tubuh yang diistirahatkan.

Yang perlu diperhatikan, orang sering salah kaprah soal masuk angin. “Orang merasa masuk angin kemudian asal kerokan. Padahal patut dicamkan, gejala penyakit jantung pun menyerupai masuk angin. Nyeri di dada, mual, ingin muntah, dan sakit di dada yang tidak khas. Itu sebabnya, kita beberapa kali mendengar ada orang masuk angin meninggal setelah dikerok,” imbuh dr. Pauline.

Baca Juga:  Bahan Alami Antikanker

Jadi patut diingat, masuk angin hanya istilah. Masuk angin bukan penyakit, melainkan gejala. Selain teh manis hangat atau wedang jahe hangat, yang perlu Anda lakukan jika masuk angin bertandang adalah segeralah makan.