Seputar Kesehatan Mata Bayi

DokterSehat.Com – Penyakit mata bayi menjadi salah satu hal biasa pada seorang bayi. Namun demikian penyakit mata pada bayi jangan juga dianggap enteng, bahkan beberapa penyakit mata pada bayi bisa berakibat fatal pada bayi tersebut di kemudian hari. Penyakit ini bisa berasal dari bawaan atau turunan dan bisa karena bukan turunan. Sehingga para orang tua perlu memantau kondisi mata bayi sejak dini agar tidak berkembang menjadi lebih buruk.

18

Secara alamiah kesehatan mata bayi terjaga oleh air mata yang berfungsi untuk membasahi dan melindungi mata, air mata yang diproduksi bayi yang baru lahir jumlahnya hanya cukup untuk membasahi mata, sehingga dalam beberapa minggu pertamanya bayi tidak mengeluarkan air mata apabila menangis. Namun ada beberapa kondisi yang harus diperhatikan seputar kesehatan mata bayi yang mungkin memerlukan tindakan lebih lanjut.

Berikut ini beberapa kondisi mata pada bayi yang mungkn terjadi :

  • Mata berair
    Mata berair adalah kondisi dimana mata bayi tampak berkaca-kaca bahkan pada saat bayi tidak menangis, hal ini disebabkan karena saluran air mata tersumbat oleh lendir. Saluran ini berupa tabung kecil yang menghubungkan kantung air mata dalam kelopak mata bawah dekat hidung dengan bagian dalam hidung, saluran ini akan dilewati oleh air mata yang akan membasahi mata. Jika saluran ini tersumbat, maka mata akan menjadi berair.Yang perlu dilakukan adalah mencegah terjadinya infeksi pada mata bayi dengan membersihkan air mata yang menggenang dengan menggunakan kain halus yang bersih atau kapas steril yang dibasahi air matang dingin. Apabila keadaaan ini berlanjut sampai bayi berusia 2 bulan, terutama jika mata bayi merah, segera periksakan pada dokter. Pada umumnya sumbatan saluran air mata ini bisa tersembuhkan secara spontan dalam 6 bulan, setelah usia mencapai 1 tahun diperlukan penanganan khusus dari dokter untuk mengatasinya.
  • Mata belekan
    Kondisi ini masih berhubungan dengan kondisi mata berair karena adanya penyumbatan saluran air mata bayi. Genangan air yang terus-menerus pada mata bayi dapat mengundang kuman yang menyebabkan infeksi yang mengeluarkan belek. Jika belek pada mata bayi masih dalam tahap normal, dalam arti tidak lengket dan mengganggu mata bayi untuk membuka, cukup gunakan kapas yang sudah dibasahi dengan air matang hangat untuk membersihkan mata bayi dengan melakukan usapan lembut dari arah dalam ke arah luar mata. Tapi jika mata bayi menjadi lengket dan susah membuka, cobalah untuk mengompres mata dengan kapas yang sudah dibasahi air matang hangat. Jika kondisi belekan ini terus berlangsung lebih dari 3 hari dan atau mata bayi merah, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.
Baca Juga:  Wah, Penderita Katarak Di Indonesia Terbesar Ke-3 Di Dunia!

Semoga informasi seputar kesehatan mata bayi ini dapat menambah pengetahuan orangtua dalam memantau kondisi kesehatan dan perkembangan anak-anaknya.