Seputar Kanker Ginjal

DokterSehat.com – Dalam tubuh manusia terdapat dua organ ginjal yang berbentuk seperti kacang. Masing-masing ginjal berukuran kepalan tangan Anda. Kanker ginjal merupakan kanker yang berasal dari ginjal. Pada orang dewasa, jenis yang paling umum dari kanker ginjal adalah karsinoma sel ginjal. Sementara jenis kanker ginjal yang kerap diderita oleh anak-anak disebut tumor Wilms. Angka terjadinya kanker ginjal diduga akan meningkat meski belum diketahui benar apa penyebabnya. Penggunaan alat tomografi terkomputerisasi (CT) terlalu sering diduga dapat mengakibatkan terjadinya kanker ginjal.



Gejala

Kanker ginjal jarang menunjukkan tanda-tanda atau gejala pada tahap awal. Pada stadium akhir, kanker ginjal akan menunjukkan tanda-tanda berikut ini:

  • Munculnya darah dalam urin, baik berwarna merah muda atau merah
  • Nyeri punggung tepat di bawah tulang rusuk yang tak kunjung mereda
  • Penurunan berat badan
  • Kelelahan
  • Demam intermiten

Penyebab

Belum diketahui dengan pasti apa penyebab karsinoma sel ginjal. Menurut dokter kanker ginjal berawal saat beberapa sel ginjal mengalami mutasi dalam DNA mereka yang mengakibatkan sel untuk tumbuh dan membelah dengan cepat. Tumpukkan sel abnormal akan membentuk tumor yang dapat menjalar hingga ke luar ginjal. Beberapa sel dapat pecah dan menyebar (metastasis) ke bagian tubuh lainnya.

Pengobatan

Lakukan konsultasi kepada dokter untuk menentukan pilihan pengobatan yang tepat dan aman untuk Anda. Berikut beberapa pengobatan untuk mengatasi kanker ginjal:

1. Operasi
Pembedahan adalah pengobatan awal untuk sebagian besar kanker ginjal. Prosedur bedah yang digunakan untuk mengobati kanker ginjal termasuk:

  • Pengangkatan ginjal yang terkena kanker (nefrektomi). Nephrectomy radikal melibatkan pengangkatan ginjal, perbatasan jaringan sehat dan kelenjar getah bening yang berdekatan. Kelenjar adrenal juga dapat dihapus. Nephrectomy bisa menjadi operasi terbuka, yang berarti ahli bedah membuat satu sayatan besar untuk mengakses ginjal Anda. Atau nephrectomy dapat dilakukan dengan laparoskopi, yakni menggunakan beberapa sayatan kecil untuk memasukkan kamera video dan alat-alat bedah kecil. Dokter bedah dapat mamantau video monitor untuk melakukan nephrectomy tersebut.
  • Membersihkan tumor dari ginjal (nefron-sparing operasi). Prosedur ini disebut juga nephrectomy parsial, dalam prosedur ini ahli bedah akan menghilangkan tumor dan margin kecil jaringan sehat yang mengelilinginya. Operasi nefron-sparing bisa menjadi prosedur yang terbuka, atau mungkin dilakukan secara laparoskopi. Operasi nefron-sparing dapat menjadi pilihan jika Anda memiliki kanker ginjal kecil atau jika Anda hanya memiliki satu ginjal. Operasi nefron-sparing lebih disarankan ketimbang melakukan operasi nephrectomy radikal. Operasi nefron-sparing dapat mengurangi risiko komplikasi kemudian hari, seperti penyakit ginjal dan kebutuhan untuk dialisis.
Baca Juga:  Sindrom Gagal Napas Akut (Acute Respiratory Distress Syndrome/ARDS) - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

2. Perawatan saat operasi tidak memungkinkan untuk dilakukan
Bagi sebagian orang operasi bukanlah suatu pilihan yang tepat untuk mengatasi kanker ginjal. Dalam situasi ini, pengobatan kanker ginjal bisa dilakukan dengan:

  • Pengobatan untuk membekukan sel-sel kanker (cryoablation). Selama melakukan tindakan cryoablation, jarum khusus dimasukkan melalui kulit dan masuk ke tumor ginjal Anda dengan menggunakan pedoman X-ray. Gas di jarum akan digunakan untuk mendinginkan atau membekukan sel-sel kanker.
  • Pengobatan sel-sel kanker panas (radiofrequency ablation). Selama ablasi frekuensi radio, jarum khusus dimasukkan melalui kulit dan masuk ke tumor ginjal Anda menggunakan pedoman X-ray. Arus listrik akan dialirkan melalui jarum dan masuk ke sel-sel kanker, sehingga sel-sel dapat menjadi panas atau terbakar. Ada beberapa data jangka panjang tentang keamanan dan kemanjuran radiofrequency ablation. Ablasi frekuensi radio dapat menjadi pilihan bagi orang-orang yang tidak dapat menjalani prosedur bedah lainnya dan penderita dengan tumor ginjal kecil.