informasi kesehatan


Seputar Alat Test Kehamilan

Seputar Alat Test Kehamilan

DokterSehat.com – Artikel ini dimuat berhubungan dengan seorang teman saya menanyakan hal ini. Sudah lama sekali pertanyaan ini tidak saya didengar di jaman sekarang. Sebelumnya seperti yang kita ketahui alat tes kehamilan (test pack) adalah salah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh calon ibu yang sedang menanti calon bayi yang segera hadir untuk meramaikan rumah, terutama untuk yang baru pertama kali akan mengalami masa yang disebut hamil.

Hasil alat tes kehamilan (test pack) positif merupakan pertanda seseorang dinyatakan hamil, Jadi memilih alat tes kehamilan (test pack) yang baik dan cara menggunakan alat tes kehamilan yang benar bisa membantu anda untuk mendeteksi dini kehamilan dan tentunya berguna bagi keselamatan janin.

Alat Tes Kehamilan / Test Pack

Test pack ini adalah salah satu dari sekian banyak alat tes kehamilan yang PRAKTIS dan lebih pribadi, karena anda tidak perlu repot pergi ke laboratorium untuk memeriksa kehamilan. Alat yang biasa disebut home pregnancy test (atau test pack) ini banyak dijumpai di toko, supermarket, atau apotik dengan harga yang variatif. Mudahnya, kita sebagai kaum wanita bisa langsung menguji kehamilan sendiri dan mengetahui apakah sang buah hati akan hadir atau tidak melalui hasil test pack.

Bentuk Alat Tes Kehamilan / Test Pack

Bentuk alat tes kehamilan (test pack) ada dua macam, yaitu strip dan compact. Bedanya, bentuk strip harus dicelupkan ke urine yang telah ditampung atau disentuhkan pada urine waktu buang air kecil. Untuk compact sudah ada tempat untuk menampung urine yang akan diteteskan.

Bila Anda sudah menyentuhkan alat tes kehamilan (test pack) dengan urine, maka akan muncul hasil berupa garis merah. Kemunculan satu atau dua garis mengisyaratkan kalau test pack dilakukan dengan benar, karena test pack mendapatkan urine yang cukup. Sebaliknya, kalau tidak muncul garis merah bisa saja diakibatkan oleh kelalaian pemakai, oleh karena itu penting bagi seseorang yang baru pertama kali menggunakan alat tes kehamilan (test pack) untuk mengikuti petunjuk penggunaan.

Kalau garis pertama sudah muncul, kemunculan garis kedua menyatakan seseorang dikatakan hamil. Alat tes kehamilan (test pack) yang akurat mendeteksi hormon hCG (human Chorionic Gonadotropin), yaitu hormon yang diproduksi oleh plasenta yang terbentuk setelah adanya pembuahan.
Kapan Harus Melakukan Tes Kehamilan ?

Kapan melakukan tes kehamilan? Secara umum, Anda bisa memakai alat tes kehamilan (test pack) dua hari sebelum datang bulan, atau 12 hari setelah berhubungan seks di masa subur. Ini dilakukan untuk memastikan alat tes kehamilan (test pack) memberikan hasil yang benar. Sebagai informasi, alat tes kehamilan pribadi (test pack) memiliki tingkat keakuratan yang sangat tinggi, yaitu antara 99,9% (dengan catatan bila dilakukan dengan prosedur yang benar).

Apakah jumlah hCG menentukkan kepekaan dan deteksi dini kehamilan ?

Jawabannya adalah YA. Karena semakin kecil tingkat kepekaan (HCG/ml urine), tanda seseorang hamil dapat diketahui dengan lebih cepat dan lebih dini untuk segera di lanjutkan ke penanganan selanjutnya misalnya mengurangi aktivitas ekstrim untuk menjaga kehamilan.
Saat ini, produk-produk tes kehamilan (test pack) yang tersedia di pasaran menawarkan berbagai tingkat kepekaan. Alat tes kehamilan (test pack) yang baik adalah yang memiliki sedikit/kecil tingkat hCG/ml urinenya.

Cara Memilih Alat Tes Kehamilan (Test Pack) Yang Baik

Dari informasi di atas dapat disimpulkan bagaimana cara memilih alat tes kehamilan (test pack) yang baik sebagai berikut :
Waktu beli alat tes kehamilan/test pack, cek tanggal kadaluarsanya. Sama seperti makanan, jangan membeli yang sudah lewat kadaluarsa karena hasil tidak akan efektif bila digunakan.
Gunakan hanya alat tes kehamilan yang diatur oleh FDA. Anda dapat memeriksa database online FDA untuk mengetahui merek diatur oleh mereka. Tanyakan kepada apoteker Anda mengenai hal ini.
Semakin kecil kadar hCG yang dibutuhkan alat semakin tinggi tingkat kepekaan/ akurat alat tes kehamilan (test pack).
Memilih alat tes kehamilan (test pack) yang praktis misal disertai cawan penampung urine.
Tips Menggunakan Alat tes kehamilan (test pack) yang benar

Agar tidak salah waktu menggunakan alat uji kehamilan ini, ada baiknya kalau anda melakukannya dengan benar.

Berikut ada sedikit tips menggunakan alat uji kehamilan (test pack) yang benar secara umum :

  • Buat yang belum pernah menggunakan, baca dengan teliti keterangan dan petunjuk pemakaian yang ada di dalam kotak.
  • Sebaiknya jangan minum air berlebihan waktu akan menggunakan test pack, karena urine yang terlalu cair bisa mempengaruhi hasil test pack.
  • Lakukan test pada pagi hari setelah bangun tidur, karena kadar hCG terbanyak terdapat pada urin tersebut.
  • Setelah menyentuhkan urin ke test pack,¬†diamkan selama1 menit. Setelah itu akan muncul garis-garis pada test pack sebagai tanda hamil atau tidak.
  • Bila didapat tanda positif kunjungi dokter kandungan untuk memastikan bahwa memang benar-benar hamil dan mendapat nasehatnya, karena perawatan yang benar sejak dini sangat penting buat calon buah hati dan calon ibu.
  • Kalau hasilnya negative coba lagi beberapa waktu (disarankan 3 minggu sampai 1 bulan).
  • Bila ternyata hasilnya tetap negatif dan kamu belum juga dapat mens, segera periksakan ke dokter kandungan.
pf button both Seputar Alat Test Kehamilan
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

66 Responses to “Seputar Alat Test Kehamilan”

  1. HANISA says:

    Dok saya mau brtnya, knapa saya blum hmil jga pdahal saya sdah tlat 3 minggu, pas di TP negatif dok?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Gangguan mens bisa Karena stress, kelelahan, diet, berat badan Yg berubah drastis baik naik/turun, obat2an termasuk kontrasepsi. Coba ulangi tes pack anda 1 minggu kemudian dengan minimal 2 merk tes pack Yg berbeda. Bila masih negatif, periksakan ke dokter kandungan. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. kartika says:

    Dok saya ingin bertanya saya ,udh telat haid 6hari,ada jg beberapa hal yg saya alami seperti ibu hamil,akan tetapi waktu di tes pack hasilnya negatif v saat tes bukan urin yg pertama pas bngun tdr sih,jdi apakah saya hamil atau tidak….ya dok..apakah tes menggunakan air seni yang bukan pertama di pagi hari berpengaruh pada hasil tes pack nya.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Bisa pengaruh, tergantung alat tes pack nya, ada juga yg bisa menggunakan urine sewaktu. Ulangi pemeriksaan 1 minggu kemudian bila masih belum mens. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0


Trackbacks/Pingbacks

  1. Seputar Alat Test Kehamilan » HealthMature.com - [...] Sumber [...]