Seputar Alat Test Kehamilan

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

DokterSehat.com – Artikel ini dimuat berhubungan dengan seorang teman saya menanyakan hal ini. Sudah lama sekali pertanyaan ini tidak saya didengar di jaman sekarang. Sebelumnya seperti yang kita ketahui alat tes kehamilan (test pack) adalah salah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh calon ibu yang sedang menanti calon bayi yang segera hadir untuk meramaikan rumah, terutama untuk yang baru pertama kali akan mengalami masa yang disebut hamil.

Hasil alat tes kehamilan (test pack) positif merupakan pertanda seseorang dinyatakan hamil, Jadi memilih alat tes kehamilan (test pack) yang baik dan cara menggunakan alat tes kehamilan yang benar bisa membantu anda untuk mendeteksi dini kehamilan dan tentunya berguna bagi keselamatan janin.

Alat Tes Kehamilan / Test Pack

Test pack ini adalah salah satu dari sekian banyak alat tes kehamilan yang PRAKTIS dan lebih pribadi, karena anda tidak perlu repot pergi ke laboratorium untuk memeriksa kehamilan. Alat yang biasa disebut home pregnancy test (atau test pack) ini banyak dijumpai di toko, supermarket, atau apotik dengan harga yang variatif. Mudahnya, kita sebagai kaum wanita bisa langsung menguji kehamilan sendiri dan mengetahui apakah sang buah hati akan hadir atau tidak melalui hasil test pack.

Bentuk Alat Tes Kehamilan / Test Pack

Bentuk alat tes kehamilan (test pack) ada dua macam, yaitu strip dan compact. Bedanya, bentuk strip harus dicelupkan ke urine yang telah ditampung atau disentuhkan pada urine waktu buang air kecil. Untuk compact sudah ada tempat untuk menampung urine yang akan diteteskan.

Bila Anda sudah menyentuhkan alat tes kehamilan (test pack) dengan urine, maka akan muncul hasil berupa garis merah. Kemunculan satu atau dua garis mengisyaratkan kalau test pack dilakukan dengan benar, karena test pack mendapatkan urine yang cukup. Sebaliknya, kalau tidak muncul garis merah bisa saja diakibatkan oleh kelalaian pemakai, oleh karena itu penting bagi seseorang yang baru pertama kali menggunakan alat tes kehamilan (test pack) untuk mengikuti petunjuk penggunaan.

Kalau garis pertama sudah muncul, kemunculan garis kedua menyatakan seseorang dikatakan hamil. Alat tes kehamilan (test pack) yang akurat mendeteksi hormon hCG (human Chorionic Gonadotropin), yaitu hormon yang diproduksi oleh plasenta yang terbentuk setelah adanya pembuahan.
Kapan Harus Melakukan Tes Kehamilan ?

Kapan melakukan tes kehamilan? Secara umum, Anda bisa memakai alat tes kehamilan (test pack) dua hari sebelum datang bulan, atau 12 hari setelah berhubungan seks di masa subur. Ini dilakukan untuk memastikan alat tes kehamilan (test pack) memberikan hasil yang benar. Sebagai informasi, alat tes kehamilan pribadi (test pack) memiliki tingkat keakuratan yang sangat tinggi, yaitu antara 99,9% (dengan catatan bila dilakukan dengan prosedur yang benar).

Baca Juga:  Olahraga Yang Cocok Untuk Ibu Hamil

Apakah jumlah hCG menentukkan kepekaan dan deteksi dini kehamilan ?

Jawabannya adalah YA. Karena semakin kecil tingkat kepekaan (HCG/ml urine), tanda seseorang hamil dapat diketahui dengan lebih cepat dan lebih dini untuk segera di lanjutkan ke penanganan selanjutnya misalnya mengurangi aktivitas ekstrim untuk menjaga kehamilan.
Saat ini, produk-produk tes kehamilan (test pack) yang tersedia di pasaran menawarkan berbagai tingkat kepekaan. Alat tes kehamilan (test pack) yang baik adalah yang memiliki sedikit/kecil tingkat hCG/ml urinenya.

Cara Memilih Alat Tes Kehamilan (Test Pack) Yang Baik

Dari informasi di atas dapat disimpulkan bagaimana cara memilih alat tes kehamilan (test pack) yang baik sebagai berikut :
Waktu beli alat tes kehamilan/test pack, cek tanggal kadaluarsanya. Sama seperti makanan, jangan membeli yang sudah lewat kadaluarsa karena hasil tidak akan efektif bila digunakan.
Gunakan hanya alat tes kehamilan yang diatur oleh FDA. Anda dapat memeriksa database online FDA untuk mengetahui merek diatur oleh mereka. Tanyakan kepada apoteker Anda mengenai hal ini.
Semakin kecil kadar hCG yang dibutuhkan alat semakin tinggi tingkat kepekaan/ akurat alat tes kehamilan (test pack).
Memilih alat tes kehamilan (test pack) yang praktis misal disertai cawan penampung urine.
Tips Menggunakan Alat tes kehamilan (test pack) yang benar

Agar tidak salah waktu menggunakan alat uji kehamilan ini, ada baiknya kalau anda melakukannya dengan benar.

Berikut ada sedikit tips menggunakan alat uji kehamilan (test pack) yang benar secara umum :

  • Buat yang belum pernah menggunakan, baca dengan teliti keterangan dan petunjuk pemakaian yang ada di dalam kotak.
  • Sebaiknya jangan minum air berlebihan waktu akan menggunakan test pack, karena urine yang terlalu cair bisa mempengaruhi hasil test pack.
  • Lakukan test pada pagi hari setelah bangun tidur, karena kadar hCG terbanyak terdapat pada urin tersebut.
  • Setelah menyentuhkan urin ke test pack, diamkan selama1 menit. Setelah itu akan muncul garis-garis pada test pack sebagai tanda hamil atau tidak.
  • Bila didapat tanda positif kunjungi dokter kandungan untuk memastikan bahwa memang benar-benar hamil dan mendapat nasehatnya, karena perawatan yang benar sejak dini sangat penting buat calon buah hati dan calon ibu.
  • Kalau hasilnya negative coba lagi beberapa waktu (disarankan 3 minggu sampai 1 bulan).
  • Bila ternyata hasilnya tetap negatif dan kamu belum juga dapat mens, segera periksakan ke dokter kandungan.
Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

  1. rahelda

    Pagi dok,saya mau nanya.saya udah telat 10 hari karna ada tanda2 khamilan calon anak k3)saya mmriksa nya pakai TP hasilnya 2 garis tapi garis 1 samar2.karna saya kurang yakin saya beli lagi beda merk hasilnya 2garis sama samar2.nah tiba2 tanda2 khamilan hilang ternyata saya mens tpi gak terlalu bnyk kluar warnanya jg agak2 coklat.di hari ke 3 mens iseng2 saya TP lagi hasilnya masih sama yaitu garis2 malah tambah jelas.saya tanya bidan katanya blm dpt memastikan klonya d usg pun hasilnya blm klhtan,bulan depan baru dpt dpstikan.apa kh saya hamil ato tidak dok jadi bingung.sblmnya tidak pernah anak pertama,kdua normal2 saja dok.

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat siang ibu,
      anda mengalami perdarahan yang kita tidak tau apakah itu benar-benar ovulasi atau anda sedang mengalami keguguran.
      memang kemungkinan keguguran sangatlah kecil namun saya tidak bisa mengekseskusi kemungkinannya tanpa dilakukannya pemeriksaan langsung.
      coba anda untuk memperhatikan kondisi dalam seminggu ini, bila kondisi anda baik-baik saja, boleh untuk dilakukan pemeriksaan ulang test pack, namun bila dalam seminggu ini anda ada keluhan demam, keputihan membau dan muncul perdarahan yang lebih banyak, saya sarankan untuk memeriksakan diri ke spesialis kandungan.
      terimakasih

  2. martha

    Siang dok…saya mau tanya. . .saya 3hr lg Jadwal M. . .tdi pagi saya cba TP. . .ad 2grs…yg satuny samar banget. ..tapi jarak antara garis yg jelas dengan garis yg samar itu berjauhan. .bhkan garis yg samar hampir mendekati batas pendeteksi urin. .kira2 itu TP ny yg bermasalah atau apa ya dok. . .itu kenapa ya dok

    1. dr. Eko B

      Selamat siang Martha
      silakan test pack ulang bila dalam 1-2 minggu ke depan anda tidak kunjung mendapat haid

      ada dua garis pada strip test pack: (coba perhatikan petunjuk di kemasan test pack)
      – garis test: muncul bila positif hamil
      – garis kontrol: muncul bila test pack valid, tidak muncul bila test pack rusak/kadaluarsa

      Bila garis kontrol muncul, berarti test pack anda tidak rusak
      Terima kasih

  3. Hana

    Siang dok,
    Sya ingin menanyakan hal yang sangat panjang sekali. Pertama2 sya ingin menginformasikan haid terakhir sya 28 des 2015, hingga saat ini sya blm mengalamin menstruasi, namun pada tgl 5 feb sya mengalami flek, hingga munculah darah, sya melakukan TP pd tanggal 6 hasil 2 garis 1 samar, beberapa kali sy melakukan TP hasil selalu sama. Akhirnya sy melakukan cek ke dokter kandungan pda tanggal 12 feb, dinyatakan kantung janin belum terlihat flek teersebut bisa jadi kegagalan pembuahan, jika 1 minggu lagi kontral masih ada pendarahan maka sya nyatakan anda menstruasi dan gagal hamil. Tanggal 20 jadwal sy kontrol ke dokter tersebut sblm ke dokter sy melakukan TP kembali hasil masih sama 2 dan samar. Tapi sy pindah dokter, dan konfirmasi dari dokter kedua. Tetap sama dicek melalui USG kantung janin belum terlihat sya dan dokter kedua saking ragunya sy disuruh cek di lab rs sari asih ciledug, dan hasil sama postive dengan 1 garis samar. Sy diberi vitamin dan harus kontrol 2 minggu lagi. Sebelum jadwal kontrol tpt tanggal 24 malam sya mengalamin perut bawah sakit nya bukan main duduk tidak bisa ngilu, berdiri maupun rebahan akhirnya suami sya membawa saya ke rs sari asih pukul 4 pagi, setelah di cek jam 8 pagi melalui UsG kantung janin blm terlihat namun terlihat sama ada cairan diluar kandungan saya kemungkinan sya mengalamin kehamilan diluar kandungn, dokter masih ragu sya dirawat di Rs dan dicek HB setiap 6 jam, hasil HB pada hari pertma masih tetap sama 12,7 namun pada cek HB di tanggal 26 mulai menurun dari 12,7 menjadi 12,4 dan turun hingga 11,9 akhirnya dokter meminta saya untuk puasa dan dilakukan operasi pengangkatan cair tersbut. Sya masih ragu akhirnya saya keluar dari RS tersebut dan berobat Di Rs mulya dengan dokter kandungan lain, pada saat UsG kantung janin belum terlihat, dan kata dokternya rahim saya kecil dan posisinya ada dibelakang. Memang bener da cairan namun dokter tersebut tidak mau terburu2 untuk menyatakan bahwa itu adalah kandungan diluar rahim dokter l, cairan tersebut dokter bilang bisa jadi karna infeksi, atau pun dulu saya pernah mengalamin keputihan, meminta saya untuk kontrol 2 minggu lagi. Namun yg sy rasakan saat ini adalah perut bawah kanan/ kiri kadang ngilu, pipis sakit, kadang buang angin sja sakit smpe keperut. Peristiwa ini saya pernah alama ketika saya mengalamin turun peranakan / bero. .yang syaa tanyakan apakah pada kondisi rahim kecil dan kondisi rahim dibelakang memiliki kendala yang sama pda saat dinyatakan hamil?
    Dan apakah pada kondisi rahim di belakang sulit dan rahim kecil di cek si USG / TransV sulit di deteksi sehinga beberapa kali check selalu dengan pernyataan kantung janin belim terlihat?
    Mohon sarannya dokter, sya baru pertama kali hamil, dan sya sangat khawatr dengan kondisi saya. Saya bertanya2 apakah saya hamil beneran? Jika tidak mengapa hasil darah maupun urine di Lab menyatakan saya hamil namun di USG / transV blm terlihat apa2?
    Makasih dokter sbelumnyaA

    Regards,
    Hana

  4. surya

    Your Comment *
    dok.,,,saya mau tanyak,,,,,
    istri saya sudah hamil 3 bulan,,,perutnya waktu itu keras pas dipegang ,,,,,,dan tiba tiba setelah beberapa hari kok berubah jadi lembek,,kayak tidak ada janin nya, ,,dan perut sering sakit,, keram,,,dan perih dibagian kanan perut,,,

  5. setiawan

    Malam dok,
    Saya mau menanyakan, apakah jika berhubungan intim tetapi sperma dikeluarkan diluar apakah bisa hamil dok? Dikarenakan saya terakhir berhubungan tgl 16 feb 2016 lalu, ya mungkin 1 atau 2 hari setelah pacar saya selesai mens. Dan kata pacar saya dia sudah telat mens bulan ini. Ternyata pas tadi coba test pake testpack dan hasilnya 2 garis, masih belum percaya akhirnya test lagi tetapi menggunakan merk yg berbeda dan hasilnya 2 garis tetapi yg 1 garis terlihat samar2. Saya bingung dan dilanda kekhawatiran yg luar biasa dok. Mohon dibantu, mohon maaf apabila komennya tidak sesuai.
    Terima kasih dok

  6. Syarah

    Siang dok
    saya mau tanyaz,,
    saya telat mens 14 hari terus saya tes menggunakan tespeck tp hasilnya kok tidak ada garis merah sama sekalai dok
    apa itu hasilnya….saya tidak hamil atau tesnya gagal dok

    tolong di jawab
    trimakasih dok
    met siang

Leave a Comment

Isi Angka Dibawah Untuk Menghindari Spam *