Seperti Inilah Tanda Tubuh yang Sudah Kelebihan Asupan Gula

DokterSehat.Com – Tahukah anda jika konsumsi gula manusia modern berkali-kali lipat lebih banyak jika dibandingkan dengan konsumsi gula manusia beberapa puluh tahun silam? Pakar kesehatan sendiri menyebutkan bahwa kita kini terbiasa mengkonsumsi gula dalam jumlah yang cukup banyak. Tak hanya dari makanan-makanan yang kita konsumsi, kadangkala kita juga mengkonsumsi minuman seperti minuman kemasan yang memang kaya akan gula atau menambahkan gula pada minuman hangat seperti teh atau kopi.

doktersehat-makanan-manis-gula

Mengkonsumsi gula dengan berlebihan bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti berat badan berlebihan, diabetes, hingga penuaan dini pada sel-sel otak. Tak hanya itu, kita juga akan mengalami tanda-tanda pada tubuh seperti berikut ini.

Munculnya jerawat
Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Journal of Academy of Nutrition and Dietetics, diketahui bahwa konsumsi gula dengan berlebihan akan membuat kita lebih mudah mengalami masalah jerawat.

Mudah lapar meski sudah banyak makan
Jurnal kesehatan berjudul Appetite menyebutkan bahwa konsumsi gula yang tinggi mampu membuat glukosa tidak mampu memasuki sel-sel tubuh. Hal ini bisa berimbas pada tubuh yang kekurangan energi dan membuat kita mudah lapar.

Badan yang mudah lelah
Jurnal kesehatan berjudul Journal of Psychosomatic Research menyebutkan bahwa kebiasaan mengkonsumsi makanan yang ditabur dengan gula halus akan membuat kita lebih mudah lelah sepanjang waktu.

Meningkatkan kadar kolesterol
Kebanyakan orang berpikir jika masalah kolesterol disebabkan oleh kebiasaan mengkonsumsi makanan yang kaya akan lemak. Padahal, jurnal Medical Food menyebutkan bahwa kebiasaan mengkonsumsi gula terlalu banyak juga bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) sekaligus menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

Menyebabkan tumpukan lemak dalam perut
American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan fakta bahwa kerap mengkonsumsi minuman yang kaya kandungan gula bisa menyebabkan kenaikan berat badan yang ditandai dengan menumpuknya lemak pada perut.