Seperti Ini Gejala Anak yang Terkena Virus Rubella

DokterSehat.Com– Jika kita melihat anak mengalami ruam-ruam pada kulitnya dan juga demam, kita tentu akan berpikir jika mereka sedang terkena penyakit campak. Namun, pakar kesehatan menyarankan kita untuk waspada karena bisa jadi gejala yang dialami oleh anak ini ternyata adalah infeksi dari virus rubella atau yang juga dikenal sebagai campak Jerman. Sebenarnya, apa sih perbedaan dari campak biasa dengan rubella ini?

doktersehat-cacarair-cacar-air-varicella-campak-Henoch-Schonlein-Purpura-HSP

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa rubella dan campak memang berbeda. Sebagai informasi, campak atau measles adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang bisa menyebar melalui batuk dan bersin-bersin. Sementara itu, untuk rubella, penyakit yang disebabkan oleh virus rubella ini sangat mudah menular hanya dengan sentuhan pada mata, mulut, hidung, atau bagian kulit yang sempat terkena lendir atau cairan oleh orang-orang yang sudah terinfeksi. Bahkan, jika kita berbagi makanan atau minuman pada mereka yang sudah terinfeksi virus rubella, kita juga akan beresiko terpapar virus ini.

Gejala anak yang sudah terinfeksi virus rubella adalah demam yang ringan, sakit kepala, rasa nyeri pada tenggorokan, pilek, sesak nafas, mata kemerahan, dan ruam-ruam kemerahan pada wajah, lengan, dan kaki. Ruam-ruam ini cenderung menyebar dengan sangat cepat. Biasanya, gejala ini muncul setelah 2 atau 3 pekan setelah terpapar virus. Gejalanya juga bisa terjadi selama 2 hingga 3 hari.

Tak hanya pada anak-anak, infeksi rubella juga bisa menyerang ibu hamil dan menularkannya pada janinnya. Yang menjadi masalah adalah, rubella bisa menyebabkan keguguran atau bayi yang terlahir dengan kelainan. Komplikasi dari penyakit rubella sendiri bisa menyebabkan nyeri sendi. Sementara itu, komplikasi rubella pada bayi bisa menyebabkan kelainan jantung, indera mata, indera pendengaran, gangguan hati dan limpa, serta gangguan kognitif.

Baca Juga:  Sebelum Hamil, Wanita Sebaiknya Melakukan Vaksinasi Ini

Melihat betapa berbahayanya dampak infeksi dari virus rubella ini, ada baiknya memang kita segera memberikan vaksinasi Measles Rubella pada anak agar tidak mudah terpapar virus ini.