Seperti Ini Ciri-Ciri Jeruk yang Manis dan Segar

DokterSehat.Com– Saat pergi ke toko buah atau swalayan, kita tentu sering melihat jeruk yang terlihat segar dan warna yang cerah sehingga sangat menggoda untuk dibeli. Namun, setelah kita mencobanya, jeruk tersebut justru memiliki rasa yang masam sehingga membuat kita kurang menikmatinya. Sebenarnya, apakah ada cara yang bisa kita lakukan agar bisa selalu memilih buah jeruk yang manis dan segar?



Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada trik khusus untuk memilih jeruk yang tepat. Hanya saja, hal ini akan membuat kita benar-benar memperhatikan tekstur dari kulit jeruk. Kulit jeruk yang halus menandakan kondisinya yang sudah matang dan rasanya cenderung manis. Jika kulit jeruk ini cenderung kasar dan tebal, maka kandungan airnya cenderung minim sehingga saat kita makan akan sedikit kurang segar.

Pilihlah jeruk dengan kulit yang mulus tanpa adanya bercak layaknya tahi lalat. Selain itu, lihatlah bentuk dari jeruk tersebut. Jangan memilih yang benar-benar berbentuk bulat namun pilihlah yang agak oval. Tekanlah jeruk dan pilihlah yang tidak terlalu keras namun tidak mudah rapuh.

Jika kita melihat jeruk mandarin dengan warna oranye mencolok atau sedikit gelap, ada baiknya kita memilihnya karena hal ini menandakan sudah sempurnanya kematangan jeruk tersebut. Selain itu, kulit jeruk mandarin yang sudah kendur sehingga ada jeda antara daging dan kulitnya juga menandakan bahwa buah ini sudah matang dan memiliki rasa yang manis.

Mengingat jeruk adalah salah satu buah yang kaya akan kandungan vitamin C yang sangat baik bagi sistem kekebalan tubuh kita, jangan ragu untuk sering-sering mengkonsumsinya. Hanya saja, jangan lupa menerapkan trik-trik ini agar bisa mendapatkan jeruk yang manis dan segar.