Seperti Apakah Gejala Kanker Usus yang Sebaiknya Kita Waspadai?

DokterSehat.Com – Sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam Journal of the National Cancer Institute menyebutkan bahwa kini semakin banyak pemuda yang terkena kanker usus atau kanker rektal. Dalam penelitian ini, diketahui bahwa mereka yang terlahir setelah tahun 1990 ternyata cenderung beresiko dua kali lebih banyak untuk terkena kanker usus dari mereka yang terlahir sebelumnya. Bahkan, resiko ini meningkat hingga empat kali lipat jika dibandingkan dengan mereka yang terlahir pada tahun 1990an. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-kanker-usus-besar-stroke-Kolitis-Iskemik-nyeri-dada-Inkontinensia-Usus

Pakar kesehatan Lisa Ganjhu yang berasal dari NYU Langone Medical Center menyebutkan bahwa gaya hidup masyarakat modern yang sering terkena stress, diet yang tidak sehat, hingga perilaku atau aktifitas sehari-hari berpengaruh besar pada peningkatan resiko terkena kanker usus ini. Bagi kaum hawa sendiri, kanker usus termasuk dalam penyakit kanker yang paling mematikan setelah kanker payudara dan kanker paru. Melihat adanya fakta mengerikan ini, ada baiknya kita mengenali beberapa gejala kanker usus seperti sebagai berikut.

Ada darah berwarna gelap pada tinja
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa andai kita menemukan darah pada kotoran saat buang air besar, khususnya jika warna darah ini cenderung merah tua atau bahkan kehitaman, maka bisa jadi ini adalah tanda pendarahan pada usus yang patut diwaspadai.

Buang air besar tidak lancar
Jika kita kerap mengalami masalah ketidaklancaran buang air besar, maka bisa jadi hal ini disebabkan oleh adanya penyumbatan pada usus yang menghambat laju kotoran sebelum bisa dibuang melalui buang air besar. Bisa jadi penyumbatan ini disebabkan oleh adanya tumor yang tentu sebaiknya segera kita periksakan ke dokter.

Tinja cenderung tipis layaknya pensil
Karena adanya penyumbatan pada usus, maka tinja akan cenderung menipis saat buang air besar. Jika hal ini terjadi dalam waktu lebih dari beberapa hari, bisa jadi hal ini disebabkan oleh kanker usus dan harus segera diperiksakan ke dokter.

Baca Juga:  Susah Buang Air Besar? Sering-Sering Saja Jongkok

Muncul kram perut
Kram pada perut bawah memang bisa disebabkan oleh adanya gas yang berlebihan di dalam perut. Namun, jika hal ini kerap terjadi, bisa jadi hal ini disebabkan oleh kanker usus.