Seperti Apa Sih Cara Menghapus Tato?

DokterSehat.Com– Belakangan ini tato telah menjadi semacam trend yang disukai oleh banyak orang, khususnya anak muda. Tato dianggap sebagai ekspresi seni pada tubuh. Sayangnya, cukup banyak orang yang mengaku kecewa dengan hasil tato pada kulitnya atau menganggap keputusan untuk memiliki tato adalah keputusan yang konyol. Beruntung, kini ada terapi penggunaan laser yang bisa menghilangkan tato dari kulit tubuh.



Tak hanya terdapat di klinik perawatan kulit, di beberapa daerah juga terdapat pelayanan penghapusan tato dengan memakai laser yang disediakan melalui mobil keliling. Meskipun bisa menjadi solusi untuk menghapus tato, dalam realitanya proses yang memakai laser ini sangatlah menyakitkan.

Dengan menggunakan gelombang sinar laser yang ditembakkan ke kulit berkecepatan antara nanosecond dan picosecond, partikel tinta yang tertanam pada kulit pecah dan akhirnya bisa dihilangkan. Memang proses penghapusan tato dengan memakai laser ini bisa memakan waktu 2 pekan, 4 pekan, atau bahkan 6 bulan. Lamanya waktu proses ini disebabkan oleh sensasi panas pada kulit saat laser ditembakkan dan lamanya kulit untuk memulihkan diri. Bagi sebagian orang, sensasi sakit saat dihapus tatonya dengan laser bahkan bisa lebih menyiksa daripada saat membuat tato.

Jika anda tidak tahan dengan rasa sakit saat menghapus tato dengan laser, ada cara lain yang bisa dilakukan yakni menimpa tato lama yang jelek dengan tato baru yang berwarna lebih dominan. Hanya saja, menumpuk tato dengan yang baru ini juga akan membuat proses penghapusan tato di kemudian hari akan jauh lebih sulit untuk dilakukan.