Seperti Apa Khasiat Jamu yang Suka Dikonsumsi Presiden Jokowi?

DokterSehat.Com – Belakangan ini, video yang menunjukkan keterangan dari juru masak presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, benama Tri Supriharjo, menarik perhatian masyarakat. Banyak orang yang penasaran dengan makanan sehari-hari yang dikonsumsi oleh orang nomor satu di negeri ini. Namun, yang membuat masyarakat lebih penasaran adalah kebiasaan presiden Jokowi yang ternyata hobi mengkonsumsi jamu. Seperti apakah jamu kesukaan sang presiden?



Dalam video yang diunggah oleh akun Youtube resmi presiden ini, Tri menyebutkan bahwa jamu kesukaan Jokowi ternyata terbuat dari bahan-bahan alami berupa temulawak, jahe, dan juga kunyit. Tri sendiri sempat memperagakan cara untuk membuat jamu ini dimana beliau memasukkan delapan potong temulawak, tiga potong jahe, dan enam potong kunyit untuk direbus bersama dengan air. Setelahnya, air seduhan dari bahan-bahan alami inilah yang disajikan bagi sang presiden.

Pakar kesehatan dr. Prapti Utami yang merupakan pakar herbal menyebutkan bahwa jamu yang dikonsumsi oleh presiden Jokowi ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Menurut dr. Prapti, ketiga bahan alami ini ternyata kaya akan antioksidan dan nutrisi sehat lainnya sehingga bisa membuat daya tahan tubuh menjadi lebih baik. Alhasil, tubuh akan terhindar dari serangan radikal bebas yang bisa merusak sel dan memicu berbagai macam penyakit.

Dr. Prapti kemudian menyebutkan bahwa temulawak ternyata memiliki sifat hepatoprotektor atau mampu memberikan perlindungan kesehatan bagi organ hati. Sementara itu, jahe bisa membuat peredaran darah lebih lancar sekaligus menjaga kehangatan tubuh. Kunyit sendiri ternyata memiliki sifat antibiotik alami yang baik dalam melawan berbagai macam penyakit sekaligus membuat saluran pencernaan terjaga kesehatannya.

Jamu ala presiden Jokowi sendiri ternyata aman untuk dikonsumsi setiap hari asalkan diimbangi dengan makanan sehat lainnya. Apakah anda tertarik untuk mengkonsumsinya juga?