Sepatu Flat Ternyata Belum Tentu Baik Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – Jika kita membicarakan tentang sepatu atau alas kaki yang tidak baik bagi kesehatan tubuh, sepatu hak tinggi atau sepatu lancip akan langsung segera diingat sebagai sepatu yang tidak baik untuk digunakan. Banyak kaum hawa yang memutuskan untuk menghindari kedua jenis sepatu tersebut dan memakai sepatu flat yang dianggap jauh lebih sehat. Apakah memang benar sepatu flat dijamin jauh lebih aman bagi kesehatan? Hal ini ternyata tidak benar adanya.

doktersehat-sepatu-wanita

Menggunakan sepatu flat ternyata juga bisa memberikan kerugian tersendiri bagi kesehatan, khususnya bagi kaki. Memang, efek samping penggunaan sepatu flat mungkin tidak semengerikan jika kita menggunakan sepatu hak tinggi. Namun, banyak pengguna sepatu flat yang tanpa disadari akan mengalami kerusakan pada susunan otot pada lutut dan juga pada engkel atau pergelangan kaki. Selain itu, tendon kaki juga bisa mengalami rasa tegang yang berlebihan. Beberapa laporan bahkan menyebutkan jika penggunaan sepatu flat ternyata juga beresiko menimbulkan penyakit plantar fasciitis, sebuah kondisi dimana bagian kaki diantara tumit dan lengkungan kaki akan terasa sangat sakit karena adanya peradangan yang terjadi pada jaringan pita tebal pada area kaki tersebut.

Sepatu flat yang kerap dipakai biasanya akan terasa ketat agar terasa pas untuk dipakai. Ketatnya sepatu flat ternyata bisa membuat kaki tertekan dan membuat tumit pun terbebani. Beban yang cukup besar pada kaki saat kita berjalan atau beraktifitas seharian dengan sepatu flat inilah yang kurang baik bagi kesehatan. Bahkan, penggunaan sepatu flat juga diyakini bisa memicu masalah kapalan atau tumbuhnya kuku ke arah dalam layaknya jika memakai sepatu berujung lancip.

Sepatu flat biasanya memang tidak memiliki sol penyangga kaki yang bisa menjamin langkah kita nyaman. Karena berbagai alasan inilah, ada baiknya kita juga membatasi penggunaan sepatu flat dan mulai kembali menggunakan sepatu yang “normal” atau memiliki sol penyangga kaki meskipun tidak terlalu tinggi. Dengan langkah kaki yang nyaman, kaki pun tidak akan terbebani dan tidak memiliki resiko terkena berbagai masalah kesehatan.