Sepakbola Bisa Membuat Otak Menjadi Semakin Cerdas

DokterSehat.Com – Belakangan ini, masyarakat Indonesia kembali dilanda demam sepakbola. Aksi heroik pemain timnas membuat banyak orang kini kembali banyak membicarakan olahraga yang sama populernya layaknya bulutangkis di negeri ini. Selain mengasyikkan untuk dilihat, sepakbola juga bisa dimainkan di berbagai tempat mengingat banyaknya lapangan yang tersedia di Indonesia. Pakar kesehatan sendiri sangat merekomendasikan olahraga ini andai kita ingin mendapatkan fisik dan mental yang sehat. Sebenarnya, apa sajakah manfaat dari bermain sepakbola?



Selain orang dewasa, banyak anak-anak yang memainkan olahraga yang membutuhkan kerjasama tim ini. Tanpa disadari banyak orang, bermain sepakbola ternyata bisa membuat otak menjadi lebih cerdas mengingat kita membutuhkan pemahaman strategi dan juga kerjasama tim yang cukup rumit. Koordinasi dari menggiring bola, berlari mencari posisi, hingga melihat ruang untuk menyodorkan bola ke rekan setim ternyata bisa membuat tubuh kita aktif bergerak sekaligus membuat otak kita semakin terasah. Selain itu, pergerakan bermain sepakbola yang sangat cepat juga akan membuat otak kita menjadi lebih cekatan dalam membuat keputusan.

Tak hanya membuat otak menjadi lebih cerdas dalam memahami strategi dan kerjasama tim, pakar kesehatan menyebutkan jika bermain sepakbola secara rutin ternyata mampu meningkatkan daya ingat, hingga kemampuan multi-tasking otak, kemampuan seseorang dalam melakukan beberapa hal sekaligus dan mengeluarkan kreatifitasnya. Fakta ini didapatkan dari hasil penelitian Profesor Predrag Petrovic dari Karolinska Institute, Stockholm, Swedia. Dari penelitian yang hasilnya dirilis dalam jurnal Plos ONE ini, Profesor Petrovic menyebutkan jika banyak pesepakbola yang memilliki otak yang jauh lebih cerdas dari orang-orang pada umumnya. Bahkan, kecerdasan otak mereka dianggap setara dengan kecerdasan para akademisi.

Dengan adanya fakta-fakta positif dari bermain sepakbola ini, kita tentu akan jauh lebih bersemangat untuk melakukan olahraga ini, bukan?