Senyuman Dapat Menjauhkan Anda Dari stres

Doktersehat.com – Tersenyum merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk mengurangi stres dan menambah teman. Tapi ternyata ada 10 manfaat lain dari tersenyum bagi kesehatan seseorang.



Seperti diketahui dibutuhkan lebih sedikit otot wajah untuk membuat seseorang tersenyum dibanding cemberut. Beberapa ahli menyatakan dibutuhkan 43 otot untuk cemberut dan hanya 17 otot untuk tersenyum. Namun beberapa lainnya menyebutkan dibutuhkan 62 otot untuk cemberut dan hanya 26 otot untuk tersenyum.

“Tersenyum tidak hanya indikator nonverbal penting dari kebahagiaan tetapi juga sebagai obat mujarab untuk mengatasi stres kehidupan. Kami ingin menguji apakah tersenyum bisa sungguh memiliki manfaat kesehatan yang relevan,” kata Tara Kraft, psikolog dan peneliti dari Universitas Kansas.

Ia kemudian melakukan penelitan terhadap para mahasiswa yang sedang cemas karena harus mengerjakan sejumlah tugas yang membuat stres. Ternyata ketika mereka diminta melakukan terapi senyuman, para mahasiswa itu mengaku rasa tertekan yang dialami sedikit berkurang.

Penelitian ini dipimpin oleh Tara Kraft dan Sarah Pressman. Dalam penelitian itu, 169 mahasiswa yang terlibat dalam studi ini diperintahkan untuk mengerjakan tugas yang menyebabkan stres seperti melacak bintang dan merendam tangan mereka ke dalam air es.
Para siswa menjalani tugas tersebut dengan tiga kondisi berbeda yakni tidak tersenyum; diminta untuk tersenyum, dan sambil memegang sumpit di mulut mereka untuk memaksa wajah tersenyum.

Peneliti menggunakan sumpit karena ingin mengukur efek asli ketika tersenyum (yang melibatkan otot-otot sekitar mulut dan mata), dan apa yang disebut standar senyuman, yang hanya melibatkan otot-otot di sekitar mulut (saat menggunakan sumpit).

Kemudian, Kraft dan Pressman menggunakan alat pengukur denyut jantung dan setiap partisipan diminta melaporkan sendiri tingkat stres mereka untuk menilai seberapa terganggunya peserta selama mengerjakan tugas.

Studi ini menemukan bahwa peserta yang memakai alat bantuan apapun untuk tersenyum cenderung memiliki tingkat stres lebih rendah selama mengerjakan tugas dibandingkan peserta dengan ekspresi wajah netral.

Peneliti berpendapat, hasil temuan ini menunjukkan bahwa meskipun seseorang memaksa tersenyum selama mengerjakan tugas yang bagi mereka tidak menyenangkan, namun hal itu benar-benar membantu menurunkan tingkat stres, bahkan jika Anda sedang tidak merasa bahagia.

“Lain kali jika Anda terjebak dalam kemacetan atau mengalami beberapa jenis stres lainnya, Anda mungkin dapat mencoba untuk memegang wajah Anda untuk tersenyum sejenak. Hal itu tidak hanya membantu meringankan Anda secara psikologis, tetapi juga membantu kesehatan jantung Anda,” kata Pressman.

Selain itu tersenyum juga bisa meningkatkan kesehatan seseorang dan membuat hidupnya lebih menyenangkan. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan seseorang dengan tersenyum, seperti dikutip dari About, Jumat (2/12/2011) yaitu:

Baca Juga:  Ini Dia Manfaat Lain Teh untuk Jantung Kita

1. Senyum membuat seseorang lebih menarik
Secara tidak sadar senyum bisa membuat orang lebih menarik karena ada faktor daya tarik tertentu dan membuat seseorang terlihat lebih baik dibanding mengerutkan kening, cemberut atau meringis.

2. Senyum bisa mengubah suasana hati
Tersenyum bisa mengelabui tubuh sehingga membantu seseorang mengubah suasana hatinya menjadi lebih baik. Untuk itu jika merasa sedih, cobalah untuk tersenyum.

3. Senyum bisa menular
Tersenyum tak hanya mengubah suasana hati orang tersebut tapi juga orang-orang disekitarnya, dan membuat hal-hal menjadi lebih bahagia. Ini karena senyum bisa menular dan membawa kebahagiaan bagi orang lain.

4. Senyum bisa meredakan stres
Orang yang stres bisa terlihat dari wajahnya, tapi dengan tersenyum bisa mencegah seseorang tampak letih dan lelah. Jika sedang stres, cobalah ambil waktu untuk tersenyum, karena bisa mengurangi stres sehingga lebih mampu mengambil tindakan.

5. Senyum meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Tersenyum bisa membantu sistem kekebalan tubuh untuk bekerja lebih baik. Ketika seseorang tersenyum maka fungsi imun meningkat yang membuat seseorang merasa lebih rileks dan terhindar dari penyakit seperti flu dan pilek.

6. Senyum menurunkan tekanan darah
Ketika tersenyum maka ada penurunan nilai tekanan darah yang terukur. Cobalah mengukur tekanan darah saat duduk di rumah sambil membaca, lalu tersenyum selama 1 menit dan mengukur tekanan darah kembali, maka akan terlihat perbedaan.

7. Senyum bisa melepaskan endorfin, penghilang rasa sakit dan serotonin
Studi telah menunjukkan senyum bisa melepaskan endorfin, senyawa yang bisa mengurangi rasa sakit secara alami dan serotonin. Ketiganya bisa membuat orang merasa lebih baik dan menjadi obat yang alami.

8. Lipatan senyum di wajah bisa membuat orang terlihat lebih muda
Otot-otot yang digunakan untuk tersenyum bisa membantu mengangkat wajah sehingga membuat orang tampak lebih muda. Karenanya cobalah lebih sering tersenyum yang membuat merasa lebih muda dan lebih baik.

9. Tersenyum bisa membuat orang terlihat sukses
Orang yang tersenyum akan terlihat lebih percaya diri sehingga lebih dipromosikan, selain itu pasang senyum di setiap pertemuan akan memiliki reaksi yang berbeda.

10. Senyum bisa membantu orang tetap positif
Senyum akan membuat orang lebih positif dan mengurangi pikiran negatif. Dengan mengurangi depresi, stres dan khawatir maka kesehatan seseorang juga akan meningkat dan menghindarinya dari berbagai risiko penyakit.

Sumber : kompas.health.com & detikhealth.com