Senyum Bisa Deteksi Kanker Payudara

DokterSehat.Com – Orang bilang senyuman itu menyehatkan. Lebih dari itu, senyuman juga bisa membuat aura wajah Anda lebih positif dan menawan. Namun, ada sebuah fakta yang cukup mengejutkan dari sebuah senyuman.



Ternyata senyuman bisa membantu kita mendeteksi penyakit yang mungkin berpotensi muncul atau sedang menjangkiti tubuh. Penyakit tersebut bukan penyakit biasa saja, namun juga penyakit yang berbahaya sekelas penyakit jantung dan stroke.

Berikut ini ulasan yang perlu Anda ketahui :

  • Sakit jantung dan stroke
    Sekali lagi, bakteri pada gusi dan gigi bisa mempengaruhi kesehatan Anda. Bakteri tersebut dapat mempengaruhi peredaran darah dan menebal di arteri, sehingga mempertinggi resiko serangan jantung. Selain itu, bila Anda memiliki plak pada gigi dalam jumlah yang banyak, bisa merusak peredaran darah, mempengaruhi otak dan menyebabkan stroke. 11.000 orang dewasa pernah di teliti dan mereka yang tidak menyikat gigi secara rutin ternyata memiliki resiko 70% lebih tinggi untuk mengalami masalah jantung.

    Masalah mulut tidak bisa diremehkan. Sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatannya. Jangan lupa untuk memilih sikat dan pasta gigi yang aman dan sehat. Kalau mulut sudah bersih dan sehat.

  • Masalah pada kehamilan
    Anda tak bisa memilih memprioritaskan kesehatan mulut atau kehamilan Anda. Saat hamil, terjadi lonjakan hormonal dan peredaran darah sehingga sangat mungkin terjadi perubahan pada wilayah gigi dan gusi. Menurut American Academy of Periodontists, sekitar 50% wanita yang sedang hamil akan mengalami ginivitis, sebuah kondisi di mana gusi mudah bengkak, mudah berdarah dan menjadi sensitif.

    Bila Anda tak memeriksakannya maka bisa membuat masalah baru yang membahayakan. Beberapa studi yang masih meneliti lebih lanjut memperkirakan adanya hubungan antara infeksi mulut dengan kelahiran prematur hingga kesulitan punya anak.

  • Kanker payudara
    Ini nih yang penting untuk diketahui wanita. Semakin banyak penelitian yang membuktikan hubungan kesehatan mulut berpengaruh besar pada kesehatan tubuh Anda. Bila Anda mengalami masalah gigi sampai harus mencabutnya dan sering mengalami masalah gusi, bisa jadi mengalami resiko 11 kali lebih banyak mengalami kanker payudara.

    Masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal ini. Namun bila Anda merasa memiliki gejala yang satu ini, maka tak ada salahnya untuk mengonsumsi makanan yang lebih sehat lagi sambil menjaga kesehatan mulut dan gigi.

  • Infeksi pernapasan
    Ternyata, menyikat gigi dan menjaga kebersihan gigi bisa membantu melindungi paru-paru dari masalah yang mengganggu. Dalam sebuah jurnal kesehatan, peneliti menemukan bahwa mereka yang mengalami masalah pernafasan seperti bronkitis akut, pneumonia dan ISPA, cenderung memiliki kesehatan gigi dan mulut yang buruk.

    Hal ini karena bakteri bulu masuk ke saluran atas tenggorokan dan menyebar ke saluran pernafasan lainnya. Bila hal ini diteruskan, bisa membuat masalah pada organ paru-paru Anda.

  • Diabetes
    Salah satu gejala diabetes tipe 2 bisa dideteksi lewat infeksi gusi. Studi dari Columbia University mempelajari 9.296 relawan yang berusia di atas 20 tahun, memiliki resiko mengalami diabetes tipe 2 dilihat dari tingginya infeksi gusi yang dialami dibanding mereka yang tidak. Masalah infeksi pada mulut memang bisa mempengaruhi penyakit diabetes karena kemampuan mulut untuk mengolah gula menjadi berkurang.