Sengatan Listrik Bisa Menyembuhkan Anoreksia

DokterSehat.Com – Tahukah anda jka penderita anoreksia, gangguan kejiwaan yang membuat penderitanya terobsesi ingin mendapatkan tubuh yang kurus, ternyata diderita oleh 370 ribu orang secara global? Menurut pakar kesehatan, kebanyakan penderita anoreksia adalah remaja yang memang mengidam-idamkan bentuk tubuh yang ideal agar mendapatkan penampilan yang menawan. Sayangnya, banyak penderita anoreksia yang akhirnya mengalami gangguan makan sehingga akhirnya mereka pun kekurangan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

doktersehat-bulimia-nervosa-anoreksia

Banyak penderita anoreksia yang mengalami gangguan kecemasan berlebih, pelemahan tulang dan otot, gangguan kesuburan, hingga meningkatnya resiko penyakit jantung. Beruntung, sebelum berbagai masalah kesehatan serius ini terjadi, penderita anoreksia ternyata bisa mendapatkan kesembuhan dengan cara yang agak tidak biasa, cara tersebut adalah dengan mendapatkan sengatan listrik.

Dengan adanya sengatan listrik ini, maka diharapkan rute sirkuit otak yang selama ini negatif dan memicu kecemasan akan berat badan ini bisa mengalami perubahan. Cara memberikan sengata listrik ini pun cukup unik yakni dengan cara menanamkan elektroda pada bagian otak tertentu. Elektroda ini kemudian mengalirkan kejutan listrik dengan tegangan 5 hingga 6,5 Volt setiap 90 mikro detik dalam kurun waktu satu tahun. Kecilnya tegangan ini membuat penderitanya sama sekali tidak akan merasakan sengatan tersebut.

Meskipun terlihat beresiko, dalam realitanya 14 penderita anoreksia yang mencoba pengobatan ini mendapatkan manfaatnya. 10 dari 14 pasien mengaku menurunkan depresi yang mereka alami, selain itu, kadar indeks massa tubuh mereka juga meningkat dengan signifikan. 6 pasien bahkan akhirnya berhasil mendapatkan kembali kadar indeks massa tubuh yang normal.

Sayangnya, 5 pasien mengaku merasakan sensasi sakit setelah elektroda yang ditanamkan pada tubuhnya ini menyebabkan infeksi, 1 pasien mengalami kejang-kejang setelah menggunakannya beberapa bulan, dan 2 pasien lainnya meminta elektroda ini dimatikan saja. Dr. Nir Lipsman, pakar kesehatan dari Sunnybrook Health Sciences Center mengaku jika pengobatan ini memang diharapkan segera dikembangkan agar lebih aman untuk digunakan, namun, adanya hasil positif pada beberapa pasien menunjukkan fakta bahwa penyakit anoreksia memang bisa disembuhkan.