Sendok Elektrik Ini Bisa Membuat Makanan Sehat Menjadi Lebih Enak

DokterSehat.Com – Meskipun sudah berkali-kali dianjurkan oleh pakar kesehatan, dalam realitanya banyak masyarakat yang cenderung malas untuk mengkonsumsi makanan-makanan sehat layaknya sayuran dan buah-buahan. Alasan yang paling sering diungkapkan oleh masyarakat mengapa mereka malas mengkonsumsinya adalah rasanya yang memang kalah enak jika dibandingkan dengan makanan yang kurang sehat layaknya gorengan atau kue. Namun, alasan ini sepertinya tidak akan muncul lagi di masa depan mengingat para ilmuwan dari Inggris berhasil menciptakan alat makan terbaru yang bisa membuat makanan sehat menjadi lebih sehat disantap. Seperti apakah alat makan ini?

doktersehat-makan

Ilmuwan dari University of London berhasil menciptakan sendok elektrik yang akan membuat lidah kita mampu merasakan sensasi gurih dan manis yang menyenangkan, bahkan andai kita mengkonsumsi makanan sehat layaknya sayuran. Sendok berteknologi tinggi ini diberi nama Taste Buddy dan memang ditujukan untuk memberikan kepuasan lebih saat makan. Sendok ini sendiri memancarkan arus listrik ringan yang bisa membuat otak kita seakan-akan merasakan makanan yang sangat lezat meskipun sebenarnya yang kita makan adalah makanan yang terasa hambar.

Pakar kesehatan Professor Adrian Cheok yang terlibat dalam pengembangan sendok elektrik ini mengungkapkan jika banyak ilmuwan yang merasa prihatin dengan kebiasaan masyarakat, khususnya anak-anak dan remaja yang justru tidak suka dengan sayuran karena rasanya dianggap kurang enak. Padahal, sayuran memiliki peran penting bagi kesehatan kita, apalagi bagi pertumbuhan anak-anak. Alhasil, para ilmuwan pun mencoba untuk bisa membuat sayuran bisa terasa seenak mengkonsumsi cokelat bagi anak-anak dan terciptalah sendok ini.

Professor Cheok menyebutkan jika sendok Taste Buddy ini akan mampu merangsang lidah agar bisa merasakan sensasi gurih dan manis sehingga kita pun bisa menikmati berbagai makanan sehat yang biasanya memang kurang nikmat. Adanya peralatan makan ini diharapkan bisa mengubah pola makan banyak orang menjadi lebih baik dan menurunkan resiko terkena berbagai penyakit berbahaya akibat pola makan yang buruk selama ini.