Senam Kegel – Pada Pria

DokterSehat.Com – Senam kegel adalah gerakan yang ditujukan untuk mengencangkan otot panggul bawah. Aktivitas ini bermanfaat mengencangkan otot-otot di bawah rahim, kantong kemih, dan usus besar.

doktersehat-senam-kegel

Pada laki-laki, senam kegel ini memiliki banyak manfaat. Salah satunya untuk kasus inkotinensia urin, yaitu kondisi ketika seseorang tidak mampu menahan pipis. Inkontinensia urin laki-laki dapat dicegah dan dikelola. Latihan kegel dapat membantu Anda mengendalikan kandung kemih Anda yang bocor.

Jika Anda berlatih latihan kegel (juga disebut latihan dasar panggul) selama lima menit, dua atau tiga kali sehari, Anda mungkin akan melihat perbaikan yang signifikan dalam kemampuan Anda untuk mengontrol kebocoran buang air kecil. Bonus lain: latihan kegel juga dapat membantu Anda memiliki orgasme lebih intens, dan meningkatkan ereksi.

Apakah latihan kegel dapat untuk pria?
Kegel adalah latihan yang membantu Anda memperkuat otot-otot di bawah kandung kemih yang membantu mengontrol buang air kecil.

Pada pria, inkontinensia urin dapat disebabkan oleh otot sfingter urin yang lemah yang mungkin timbul dari operasi kanker prostat, kandung kemih yang terlalu aktif, atau kandung kemih yang tidak berkontraksi. Latihan kegel dapat membantu Anda memperbaiki – atau dalam beberapa kasus benar-benar mengembalikan fungsi pengontrolan buang air kecil..

Bagaimana cara melakukan latihan kegel?
Kegel yang mudah dilakukan, pertama-tama Anda harus tahu mana otot yang perlu digerakkan dan dilatih. Salah satu berikut adalah cara termudah untuk menemukan otot mana yang Anda gunakan saat buang air kecil. Berikut caranya:

  • Di tengah buang air kecil, cobalah untuk menghentikan atau memperlambat aliran urin.
  • Jangan menegangkan otot-otot di bokong, kaki, atau perut, dan jangan menahan nafas.
  • Ketika Anda dapat memperlambat atau menghentikan aliran urin, Anda telah berhasil menemukan otot-otot yang dimaksudkan untuk latihan Kegel.
Baca Juga:  Menghitung Masa Subur

Beberapa pria menemukan otot-otot ini dengan membayangkan bahwa mereka mencoba untuk menghentikan kentut. Meremas otot-otot ini memberikan sensasi yang tertarik; ini adalah otot-otot yang tepat untuk latihan panggul. Sangat penting untuk tidak berkontraksi dengan otot-otot lain.

Beberapa orang perlu biofeedback untuk membantu mereka menargetkan otot yang tepat.

Untuk melakukan latihan kegel untuk pria:

  • Kontrak sikanotot-otot ini untuk hitungan lambat sampai dengan lima hitungan.
  • Lepaskan otot untuk hitungan lambat sampai dengan lima hitungan.
  • Ulangi 10 kali.
  • Lakukan satu set 10 Kegel perhari, tiga kali sehari.