Senam Hamil Pilates

DokterSehat.Com – Agar tetap bugar dan fit, senam hamil pilates dapat dijalankan oleh ibu yang sedang mengandung dan sangat bermanfaat disaat persalinan, gerakan pilates dengan latihan yang tepat serta arahan dari instruktur disarankan. Di beberapa rumah sakit di Jakarta, Surabaya dan Semarang senam hamil pilates (prenatal pilates) telah dibuat menjadi program tersendiri untuk para ibu yang menunggu persalinan si buah hati yang diarahkan oleh pelatih khusus.



Prenatal Pilates disesuaikan dengan perubahan bentuk tubuh ibu hamil yang berubah dari bulan ke bulan menjelang lahirnya sibuah hati, lajimnya program ini dibagi per tiga semester (3 x 6 bulan). Meningkatkan kekuatan otot perut dan panggul, membantu mempertahankan postur tubuh selepas persalinan, video pilates berikut menunjukkan gerakan yang tepat bagi ibu hamil.

Dimana harus melakukan senam hamil pilates?

Bagi ibu muda yang baru pertama kali hamil, ada baiknya jika melakukan Senam ini di tempat senam yang memang dikhususkan untuk itu. Namun, bila kita sudah berpengalaman, kita bisa melakukannya sendiri di rumah dengan bantuan buku, VCD atau media Youtube di internet.

Bagaimana bila si ibu hamil sibuk karena tuntutan pekerjaan? Sesibuk-sibuknya kita, sisihkan waktu satu hari seminggu untuk melakukan kegiatan ini demi si buah hati dan demi kesehatan Anda sendiri. Jadi, meluangkan waktu untuk melakukan Senam ini sama seperti meluangkan waktu untuk makan siang.

Senam hamil pilates tidak boleh ngawur

Bagi ibu hamil yang sama sekali belum memiliki pengalaman maupun pengetahuan mengenai jenis senam semacam ini, harus meminta petunjuk dan berkonsultasi dengan dokter. Lebih baik mengikuti program yang ada diselenggarakan oleh rumah sakit atau klinik tersebut demi keamanan dan kesehatan Anda, selain untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan. Ada beberapa ibu hamil yang dilarang melakukan Senam model Pilates ini karena kondisi kesehatan dan tubuh yang tidak memungkinkan.

Baca Juga:  Minum Jamu Bikin Ketagihan?

Kapan senam pilates dilakukan?

Biasanya senam ini dilakukan selama hamil dan harus dilakukan secara teratur untuk membantu memperlancar kelahiran. Bila mungkin ada ibu hamil yang mengalami kesulitan dalam melahirkan di masa lalu, maka di masa sekarang, hal- hal seperti itu bisa diminimalisir, salah satunya dengan melakukan Senam ini.