Senam Hamil di Rumah, Mungkinkah?

DokterSehat.Com – Banyak calon ibu yang sedang mengandung tidak mengerti benar apa sebenarnya senam hamil itu, serta manfaat apa yang didapatkan dari melakukan senam hamil. Senam hamil adalah melakukan gerakan-gerakan yang khusus yang ditujukan untuk ibu yang sedang hamil dan aman untuk janin, senam ini secara umum bertujuan untuk mempersiapkan ibu baik secara fisik maupun mental dalam menghadapi masa persalinan.



Keuntungan dan persiapan senam hamil di rumah

Keuntungan senam hamil

Senam hamil yang dilakukan di rumah tentu saja lebih menghemat biaya, yang artinya siapa saja bisa melakukannya tanpa harus mengeluarkan biaya mahal. Selain itu, Anda dapat melakukan kegiatan ini kapan dan di mana saja. Kita tak perlu menghabiskan waktu untuk masuk ke kelas senam hamil karena sudah bisa melakukannya sendiri di rumah. Hanya saja, memang kita membutuhkan panduan yang benar agar mengerti gerakan-gerakan yang kita lakukan serta tujuan dan manfaatnya.

Persiapan

  • Membeli buku panduan tentang cara Senam Hamil yang bisa dilakukan     secara mandiri di rumah, Anda bisa juga browsing di internet untuk informasi yang lebih lengkap dan bervariasi.
  • Bertanya pada yang sudah berpengalaman.
  • Membuat jadwal kegiatan secara teratur, misalnya setiap pagi atau setiap sore.
  • Berkomitmen untuk melakukannya dengan teratur.

Gerakan-gerakan dasar senam hamil

Berikut beberapa gerakan standar yang bisa Anda praktekkan di rumah :

  • Duduk bersila seperti biasa dengan badan tegak
    Gerakan ini bisa dilakukan ketika ibu hamil sedang santai sambil membaca atau nonton televisi, gerakan ini mirip seperti gerakan yoga. Namun gerakan ini akan lebih santai dibandingkan dengan yoga.
  • Gerakan sujud
    Bila kita muslim, gerakan sujud juga bisa dimasukkan ke dalam salah satu gerakan dasar Senam Anda. Setelah melakukan gerakan tersebut, biasanya kita akan merasa lebih nyaman karena peredaran darah lancar.
  • Gerakan seperti ingin melahirkan
    Gerakan hendak melahirkan dengan kedua kaki dibuka dan ditekuk. Gerakan ini bisa dilakukan di malam hari.
Baca Juga:  Dokter Endy Muhardin Mugni

Nah, tidak ada alasan bukan untuk tidak melakukan senam hamil sekalipun di rumah? Bagi para ibu hamil, silahkan mencoba melakukan gerakan Senam Hamil di Rumah seperti contoh di atas dengan teratur.