Senam Air yang Sangat bermanfaat untuk kebugaran dan kesehatan Ibu hamil

DokterSehat.com– Kondisi kehamilan mengharuskan agar kondisi tubuh dan kesehatan sang ibu selalu dalam keadaan fit dan sehat. Maka dari itu untuk selalu menjaganya diperlukan asupan gizi serta olahraga yang cukup. Olahraga yang dimaksud di sini bukanlah olahraga yang dilakukan pada umumnya, akan tetapi jenis olahraga ringan yang tidak membahayakan kondisi janin. Salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk ibu hamil adalah senam air. Olahraga ini memiliki manfaat yang sangat besar bagi ibu hamil yang kandungannya semakin membesar.



Dengan ukuran perut yang berubah semakin besar karena dipengaruhi oleh perkembangan janin di dalam kandungan, akan ada keluhan yang sering diderita. Salah satunya adalah sakit punggung dan sakit panggul. Dengan menjalankan program senam air dapat memberikan efek yaitu stamina yang baik pada masa kehamilan. Senam air dapat dilakukan pada kolam khusus yang disediana khusus untuk ibu hamil. Senam air ini dapat menjadikan tubuh lebih bugar dan tentunya menyehatkan. Senam air tidak memberikan beban yang berlebih pada tulang dan sendi, sehingga dapat mengurangi resiko cedera pada ibu hamil. Hal ini dikarenakan air yang memberikan tekanan secara optimal pada otot yang dapat membantu ketahanan otot ibu hamil.

Selain keluhan pada tulang dan sendi, keluhan lain seperti menurunnya emosi yang disebabkan homon dalam tubuh, serta rasa lelah dan kecemasan pada ibu hamil, juga dapat diatasi dengan kondisi tubuh yang segar dan bugar. Karena itu sangat disarankan bagi seorang ibu hamil untuk melakukan senam air.

Berikut ini ada beberapa gerakan yang dapat dilakukan di dalam air atau pun kolam renang.

  • Gerakan Cross Country  Ski
Baca Juga:  Cara mudah menyehatkan organ limpa di dalam tubuh

Gerakan ini memberikan manfaat untuk memperkuat pundak, lengan, bokong, kaki, dan betis. Gerakan yang dilakukan adalah berdiri dan sedikit membungkuk, kemudian ayunkan kaki kanan ke bagian depan, dengan posisi lutut yang ditekuk. Sedangkan kaki kiri mendorong ke arah belakang. Kemudian ayunkan kedua tangan dengan berlawanan arah dengan kaki anda.

  • Gerakan Floating Frog

Gerakan ini sangat bermanfaat bagi pundak agar lebih kuat, serta memperkuat bokong, paha, dan lengan. Pada gerakan ini membutuhkan alat atau benda seperti pool noodle. Alat tersebut dapat dipasangkan pada punggung belakang, kemudian tarik melalui sela-sela tangan, ke depan. Tempelkan kedua kaki Anda dan sandarkan tubuh pada pool noodle, lalu tarik kaki ke permukaan air dengan menghembuskan nafas. Selanjutnya luruskan kedua kaki yang diikuti dengan menghirup udara. Gerakan ini hampir sama dengan gerakan katak.

  • Gerakan Pendulum Cross

Sama dengan manfaat kedua gerakan di atas, yaitu memperkuat lengan, pundak, paha, dan bokong dengan cara melakukan penekanan terhadap paha bagian luar dan dalam. Gerakan ini dapat dilakukan dengan cara berdiri dengan kedua tangan di pinggul lalu dorong perut ke atas dan juga ke bawah. Ayunkan pula kaki kanan ke samping kanan atau kiri. Ikuti dengan mengayunkan kedua tangan ke arah yang berbeda atau berlawanan dengan kaki. Melompat-lompat kecil menggunakan kaki kiri sebagai tumpuan.