Senam Aerobik, Cara Asik Menurunkan Kolesterol Jahat

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan yang kini sangat mudah ditemui pada masyarakat modern adalah tingginga kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Pakar kesehatan menyebutkan jika kebiasaan masyarakat yang kerap mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dan kaya akan lemak dan kolesterol menjadi pemicu utamanya. Selain itu, masalah kurang tidur juga bisa semakin memperparah tinginya kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika tingginya kadar kolesterol jahat akan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung atau bahkan serang stroke yang sangat mematikan. Apakah tidak ada cara agar kita bisa melawan tingginya kadar kolesterol jahat ini?

doktersehat-senam-kegel-neuormove

Em Yunir, yang merupakan pakar kesehatan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menyarankan kita untuk rutin melakukan senam aerobic andai ingin menurunkan kadar kolesterol jahat dari dalam tubuh. Menurut beliau, gerakan senam aerobic yang teratur akan sangat efektif menurunkan kadar kolesterol LDL yang ada di dalam tubuh. Lemak ternyata semakin mudah terbakar andai kita melakukan gerakan yang teratur dalam waktu yang lama.

Ada kebaikan lain yang juga akan didapatkan andai kita rutin melakukan senam aerobic, yakni kita akan memperbaiki kondisi resistensi insulin yang biasanya menjadi masalah lanjutan yang disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Hal ini terjadi karena senam aerobic akan semakin menyeimbangkan keseimbangan produksi hormone sehingga akan membuat sensor reseptor insulin berfungsi dengan lebih baik. Alhasil, resiko terkena diabetes pun juga akan ikut menurun.

Yunir menyarankan kita yang ingin menurunkan kadar kolesterol jahat untuk melakukan senam aerobic setidaknya dua hari sekali. Perhitungan ini didapatkan dari cara produksi hormone di dalam tubuh yang merespon adanya aktifitas tubuh yang teratur dalam waktu 2 x 24 jam. Andaipun kita malas melakukan aerobic, kita bisa melakukan jenis olahraga lain yakni berjalan kaki setidaknya sepuluh ribu langkah.