Semua Tentang Kesemutan

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Pernahkah Anda merasa kesal saat mengetik karena ujung-ujung jari terasa kebal akibat kesemutan? Biasanya kesemutan dianggap sepele, karena sering terjadi akibat salah posisi duduk atau otot yang tegang. Padahal bila kesemutan yang Anda alami tidak disebabkani oleh kedua hal itu, maka kesemutan adalah warning telah terjadi gangguan kesehatan yang serius.

Apakah kesemutan?
Kesemutan atau parestesia dalam ilmu kedokteran, adalah sensasi pada permukaan tubuh tertentu yang tidak dipicu rangsangan dari dunia luar. Sebenarnya parestesia adalah sensasi rasa dingin atau panas di suatu bagian tubuh tertentu, atau sensasi rasa dirambati sesuatu. Parestesia itu timbul bila terjadi iritasi pada serabut saraf yang membawa sensasi kesemutan.

Apa penyebabnya?
Kesemutan terjadi jika syaraf dan pembuluh darah mengalami tekanan Misalnya, saat duduk bersimpuh atau menekuk kaki terlalu lama, maka syaraf dan aliran darah terganggu. Umumnya kesemutan akan mereda jika bagian tubuh yang mengalaminya digerakkan.

Gejala penyakit serius
Namun bila kesemutan tak hilang setelah bagian tubuh digerakkan, atau semula hanya dialami sebagian kecil organ tubuh namun kemudian merambat ke bagian yang lebih luas; atau bila semula hanya terjadi sekali-sekali dan menjadi kian sering; atau bila kesemutan menjadi rasa kebal, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter. Kesemutan jenis ini merupakan gejala penyakit serius.

Dokter akan menyelidiki bagian tubuh yang mengalami kesemutan, luasnya, tempat awal kesemutan, dan perkembangan kesemutan itu sejak awal. Semua informasi ini akan menunjukkan penyebab masalah. Bisa jadi pada saraf tepi, pada otot, sumsum tulang belakang, atau bahkan otak.

Beberapa gangguan kesehatan serius yang ditandai gejala kesemutan, antara lain:

Radang sumsum tulang belakang (myelitis)
Terjadi pada orang dewasa, kadang-kadang gejala kesemutan didahului oleh flu berat. Kesemutan yang dirasakan akan menghebat, naik dari ujung jari kaki sampai ke pusar (perut tengah). Gejalanya berkembang menjadi rasa tebal di permukaan kulit. Setelah fase ini, penderita akan mengalami kesulitan berjalan. Ini adalah gejala radang sumsum tulang belakang, yang terjadi karena serangan virus bernama cytomegalovirus (CMV). Penderita menjadi tidak bisa mengontrol buang air kecil. Buang air besar pun sulit. Penyakit ini dapat disembuhkan total, dapat pula cuma sembuh sebagian, tetapi ada juga yang sampai lumpuh.

Diabetes mellitus atau kencing manis
Pada penderita diabetes, kesemutan adalah gejala kerusakan pembuluh-pembuluh darah. Akibatnya, darah yang mengalir di ujung-ujung syaraf berkurang. Gejala yang dirasakan biasanya telapak kaki terasa tebal, kadang-kadang panas, dan kesemutan di ujung jari terus-menerus. Kemudian disertai rasa nyeri yang menikam, seperti ditusuk-tusuk di ujung telapak kaki, terutama pada malam hari.

Carpal Tunnel Syndrome (CTS)
Kesemutan yang menyerang ujung jari, biasanya tangan kanan, dan kemudian berkembang menjadi rasa tebal, saat digunakan beraktivitas, adalah gejala CTS. Gejala kesemutan ini berkaitan dengan rongga di pergelangan tangan (karpal) yang mengalami pembesaran otot-otot sehingga menekan saraf yang melewati terowongan tersebut. CTS bisa menjadi gangguan lebih serius bila didiamkan cukup lama, misalnya 1 – 2 tahun.
Pada tahap ini tekanan otot sudah mengganggu aliran darah ke tangan, dengan akibat otot-otot yang mengalami kekurangan nutrisi akan mengecil, dan melemahkan otot.

Jantung
Pada penderita sakit jantung, kesemutan dapat juga timbul karena komplikasi jantung dan sarafnya. Yang terjadi misalnya, si penderita menjalani operasi pemasangan klep jantung. Saat pemasangan, ada bekuan darah menempel, yang kemudian terbawa aliran darah ke atas, dan menyumbat salah satu pembuluh darah di otak. Bila sumbatan di otak itu kebetulan mengenai daerah yang mengatur sistem sensorik, si penderita akan merasakan kesemutan sebelah. Bila daerah yang mengatur sistem motorik juga terkena, kesemutan akan menjadi kelumpuhan.

Rematik
Rematik juga menimbulkan kesemutan atau rasa tebal. Gejala kesemutan karena rematik akan hilang bila rematik sembuh.

Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

  1. reni

    Bbrapa bulan k blkang saya sring sakit punggung sblah kanan. Dan kesemutan ditangan dan kaki knan pula. Itu gjala apa?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    1. dr. Vanny Bernadus

      Pernah terjatuh atau terbentur di punggung? Dikhawatirkan adanya gangguan persarafan akibat posisi tulang punggung yg tidak benar atau gangguan lain pada tulang punggung sebaiknya periksakan ke dokter spesialis orthopedi. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. fuspitatin

    Dok, saya sering kesemutan…
    jika saya bawa honda atau selalu melakukan aktifitas tangan saya sering kesemutan.
    penyebab nya apa ya??
    makasih ya dok

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    1. dr. Vanny Bernadus

      Kemungkinan ada gangguan pada persarafannya yg dikenal dengan carpal tunnel syndrome. Sebaiknya periksakan ke dokter spesialis saraf untuk diterapi secara intensif. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. Fred di ambon

    Dokter,sy pria 62 th lebih punya tangan kanan kram udah kurleb 2 th. Sy udah ke beberapa dr syaraf dn sy katanya kena CTS yg lebih parah lg sy saat ini sedang dirwt di rumkit di ambon kr tangan kanan sy kramx lebih dr biasanya yg aneh lg wajah sy jg trasa kram tensi sy 140/90 hsl lab darah kolest 228 gula 198. Apakah sy dikategori strok ringan? Lalu sy hrs bgm? Apa penyakit sy dokter?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    1. dr. Vanny Bernadus

      Mengenai kondisi anda, anda bisa tanyakan langsung kepada dokter yg menangani anda saat ini. Kemungkinan memang mengarah ke stroke. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  4. Gege

    Pria 22 thn.

    Tanya Dok, Dari tadi malam sekitar pukul 23.30 WIB. Jari kelingking kaki kiri saya terasa tebal. Boleh minta solusinya, Dok?

    Terimakasih.

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. indry yani

    mama saya mengalami kesemutan tangan dan kaki yang sudah cukup lama.udah berobat kemana mana belum juga sembuh.selain kesemutan disertai juga kaki terasa tebal dada sesak dan dingan.yang ingin saya tanyakan saya harus berobat ke dokter mana

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  6. anna

    Nanya dok, penyakit apa yang saya alami dan bagaimana cara mengobatinya?
    Tiba-tiba begitu bangun jari-jari tangan saya kesemutan tetapi sudah seminggu tapi ga kunjung hilang malah menyebar ke telapak tangan dan telapak kaki dibarengi dengan muncul benjolan-benjolan kecil seperti jerawat tapi tidak bernanah.
    Saya sudah berobat ke dokter umum dan diberi obat katanya syaraf agak terganggu jadi kaku. Tapi sudah seminggu ga kunjung sembuh.
    Apakah ini penyakit kulit karena alergi atau stress? Saya harus berobat ke dokter spesialis kulit atau penyakit dalam? Thanks untuk tanggapan dan sarannya.

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    1. dr. Vanny Bernadus

      Kami sarankan untuk periksakan ke dokter spesialis saraf terlebih dulu. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  7. Pingback: Tips Selalu Sehat Dan Kebal Pada Semua Penyakit | My Blog

  8. Pingback: Bahaya Gejala Kesemutan Bagi Kesehatan | Efektips.com

  9. Anggie Monica

    Mau nanya dok , tangan saya dari semalam terasa tersetrum kaya kesemutan di daerah lengan tangan, tangnnya sebelah kanan dok , nah ini menyerang dari lengan lalu naik keatas trus turun lagi dok ke daerah jari kelingking dan kaki dan tangan saya yang sedikit lagi mennyentuh telapak terasa lemas sekali , sudah satu hari dok saya sperti ini , apa perlu ini diperiksa dok , dan ini kesemutan biasa atau flu tulang dok, mohon dijawab dok

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  10. Pingback: Tips Tentang Kesehatan | Kumpulan Cara dan Pengetahuan

  11. lia

    Selamat pagi dok…
    Saya akhir akhir ini merasa kepala bagian kiri saya terlebih pipi kiri terasa kebas dan itu gak hilang hilang, sebelumnya 14thn lalu saya pernah kecelakaan dan tulang bawah mata saya pecah kata dokter siloam sby…
    Saya berfikir apa kebas di pipi kiri ini adalah slh 1 gangguan stroke ato krn kecelakaan 14thn lalu…
    Tlg penjelasannya, trimakasih

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    1. dr. Vanny Bernadus

      Kemungkinan karena gangguan persarafan wajah. Sebaiknya periksakan langsung ke dokter spesialis saraf. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  12. deeyan

    Dokter yg baik,
    Sudah satu minggu ini ujung jempol kaki kanan saya kesemutan, dan sekarang terasa tebal. Sy blm berobat kemana2 Krn blm sempat. Sy hanya browsing2 ketika senggang. Krn itu jg membuat sy takut utk periksa. dokter, apa yg harus sy lakukan. Apakah gejala itu berbahaya atau hanya biasa sj. Perlukah sy ke dokter?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    1. dr. Vanny Bernadus

      Sebaiknya diperiksakan ke dokter spesialis saraf. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  13. Yolanda Gracia

    Dok saya sering mengalami sakit di ujung jari sebelah kiri, rasanya kyak ditusuk2 dok.. daan sakitnya sering dok..
    Bisa dijelaskan dok, sakit apa yang saya derita ini?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  14. siska

    Slamat malam dok,ibu saya di bagian telapak kaki kiri dan kanan sering keram.terus kadang rasa terbakar itu gejala sakit apa ya dok..makasi

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    1. dr. Vanny Bernadus

      kemungkinan ada gangguan persyarafan..waspada juga terhadap diabetes mellitus.karena bisa menimbulkan keluhan yg sama. trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  15. Tiffani

    Saya ingin bertanya dok. Ayah saya sudah beberapa bulan ini merasa kesemutan dan kebas dilengan dan bahu kirinya. Sudah berobat kedokter spesialis syaraf tp tak juga berkurang. Beliau sering terkena AC. Kira kira apa penyebabnya dok? Dan bagaimana cara mengobatinya? Terimakasih

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

Leave a Comment