informasi kesehatan


Semua Tentang Kesemutan

Semua Tentang Kesemutan

Pernahkah Anda merasa kesal saat mengetik karena ujung-ujung jari terasa kebal akibat kesemutan? Biasanya kesemutan dianggap sepele, karena sering terjadi akibat salah posisi duduk atau otot yang tegang. Padahal bila kesemutan yang Anda alami tidak disebabkani oleh kedua hal itu, maka kesemutan adalah warning telah terjadi gangguan kesehatan yang serius.

Apakah kesemutan?
Kesemutan atau parestesia dalam ilmu kedokteran, adalah sensasi pada permukaan tubuh tertentu yang tidak dipicu rangsangan dari dunia luar. Sebenarnya parestesia adalah sensasi rasa dingin atau panas di suatu bagian tubuh tertentu, atau sensasi rasa dirambati sesuatu. Parestesia itu timbul bila terjadi iritasi pada serabut saraf yang membawa sensasi kesemutan.

Apa penyebabnya?
Kesemutan terjadi jika syaraf dan pembuluh darah mengalami tekanan Misalnya, saat duduk bersimpuh atau menekuk kaki terlalu lama, maka syaraf dan aliran darah terganggu. Umumnya kesemutan akan mereda jika bagian tubuh yang mengalaminya digerakkan.

Gejala penyakit serius
Namun bila kesemutan tak hilang setelah bagian tubuh digerakkan, atau semula hanya dialami sebagian kecil organ tubuh namun kemudian merambat ke bagian yang lebih luas; atau bila semula hanya terjadi sekali-sekali dan menjadi kian sering; atau bila kesemutan menjadi rasa kebal, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter. Kesemutan jenis ini merupakan gejala penyakit serius.

Dokter akan menyelidiki bagian tubuh yang mengalami kesemutan, luasnya, tempat awal kesemutan, dan perkembangan kesemutan itu sejak awal. Semua informasi ini akan menunjukkan penyebab masalah. Bisa jadi pada saraf tepi, pada otot, sumsum tulang belakang, atau bahkan otak.

Beberapa gangguan kesehatan serius yang ditandai gejala kesemutan, antara lain:

Radang sumsum tulang belakang (myelitis)
Terjadi pada orang dewasa, kadang-kadang gejala kesemutan didahului oleh flu berat. Kesemutan yang dirasakan akan menghebat, naik dari ujung jari kaki sampai ke pusar (perut tengah). Gejalanya berkembang menjadi rasa tebal di permukaan kulit. Setelah fase ini, penderita akan mengalami kesulitan berjalan. Ini adalah gejala radang sumsum tulang belakang, yang terjadi karena serangan virus bernama cytomegalovirus (CMV). Penderita menjadi tidak bisa mengontrol buang air kecil. Buang air besar pun sulit. Penyakit ini dapat disembuhkan total, dapat pula cuma sembuh sebagian, tetapi ada juga yang sampai lumpuh.

Diabetes mellitus atau kencing manis
Pada penderita diabetes, kesemutan adalah gejala kerusakan pembuluh-pembuluh darah. Akibatnya, darah yang mengalir di ujung-ujung syaraf berkurang. Gejala yang dirasakan biasanya telapak kaki terasa tebal, kadang-kadang panas, dan kesemutan di ujung jari terus-menerus. Kemudian disertai rasa nyeri yang menikam, seperti ditusuk-tusuk di ujung telapak kaki, terutama pada malam hari.

Carpal Tunnel Syndrome (CTS)
Kesemutan yang menyerang ujung jari, biasanya tangan kanan, dan kemudian berkembang menjadi rasa tebal, saat digunakan beraktivitas, adalah gejala CTS. Gejala kesemutan ini berkaitan dengan rongga di pergelangan tangan (karpal) yang mengalami pembesaran otot-otot sehingga menekan saraf yang melewati terowongan tersebut. CTS bisa menjadi gangguan lebih serius bila didiamkan cukup lama, misalnya 1 – 2 tahun.
Pada tahap ini tekanan otot sudah mengganggu aliran darah ke tangan, dengan akibat otot-otot yang mengalami kekurangan nutrisi akan mengecil, dan melemahkan otot.

Jantung
Pada penderita sakit jantung, kesemutan dapat juga timbul karena komplikasi jantung dan sarafnya. Yang terjadi misalnya, si penderita menjalani operasi pemasangan klep jantung. Saat pemasangan, ada bekuan darah menempel, yang kemudian terbawa aliran darah ke atas, dan menyumbat salah satu pembuluh darah di otak. Bila sumbatan di otak itu kebetulan mengenai daerah yang mengatur sistem sensorik, si penderita akan merasakan kesemutan sebelah. Bila daerah yang mengatur sistem motorik juga terkena, kesemutan akan menjadi kelumpuhan.

Rematik
Rematik juga menimbulkan kesemutan atau rasa tebal. Gejala kesemutan karena rematik akan hilang bila rematik sembuh.

pf button both Semua Tentang Kesemutan
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

230 Responses to “Semua Tentang Kesemutan”

  1. ronnie asyhuri says:

    Hidden due to low comment rating. Click here to see.

    Komentar Tidak Berguna. Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 1 Thumb down 6

  2. Adrianus Naan says:

    Umur 27 tahun
    Mau tanya Dok..
    Sehabis duduk dilantai sering kesemutan dikaki kiri dan tangan kiri, terasa ditusuk-tusuk jarum & kalau kaki diinjakan kelantai terasa dikerumuni semut & tidak mampu bergerak (Kaku).
    Apa obat nya Dok & saya harus berobat ke Dokter spesialis apa? Terima kasih.

    Komentar yang Sangat Berguna. Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 8 Thumb down 0

  3. annisa says:

    saya mengalami kesemutan yg menjalar dan g sembuj2 setelah 9jam… ini gela apa yah?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 4 Thumb down 1

  4. evy says:

    bagaimana asal mula penyebab dari gejala CTS, dari makanan atau perilaku

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 4 Thumb down 0

  5. Achmad nurfaim says:

    Hidden due to low comment rating. Click here to see.

    Komentar Tidak Berguna. Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 5

  6. pambudi says:

    Saya pria 36thn sering mengalami kesemutan di seluruh jari tgn, awalnya hny saat mengendarai motor tp skg hmpr setiap saat sy rasakan

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 1 Thumb down 0

  7. rasta says:

    saya rasta, usia 34 tahun, saya mengalami sering kesemutan pada perut atas sebelah kiri, dibawah tulang iga, rasanya mengganggu sekali, apalgi kalau habis makan, yang saya tanyakan saya kena gejala apa?
    terima kaish

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 2 Thumb down 1

  8. ari anggun says:

    assallamualaikum,saya seorng ibu dr 1 anak,usia sya 27 thn namun saya mempunyai sakit magg dan jg benjolan di payudara atas ktanya disebut PAM,namun entah knp akhir2 ini payudara sebelah atas pas benjolan tsbt,trasa kesemutan,saya minta solusi dan jg obat nya,dr teman2 smua.trims

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  9. Jecika Arum says:

    Gx ada yang ku cari

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0


Trackbacks/Pingbacks

  1. Kenapa kita kesemutan?? « rizkilmu - [...] Apa penyebabnya? Kesemutan terjadi jika syaraf dan pembuluh darah mengalami tekanan Misalnya, saat duduk bersimpuh atau menekuk kaki terlalu …
  2. Semua Tentang Kesemutan | Nikmat Berbagi - [...] bayaran, mendapatkan pahala, juga biasanya selesai donor darah dapat telor, mie sama susu Sumber http://doktersehat.com/2008/03/31/semua-tentang-kesemutan/ …
  3. Kesemutan « Aneka Ekstrak Herbal - [...] Sumber Share this:TwitterFacebookLike this:SukaBe the first to like this post. ← Previous post [...]
  4. Aku manis jadi sering kesemutan (loh?) | yahdiniqornin - [...] sumber: http://doktersehat.com/semua-tentang-kesemutan/#ixzz1tC9NWtGk [...]