informasi kesehatan


Semua Tentang Hepatitis

            

HEPATITIS
Istilah “Hepatitis” dipakai untuk semua jenis peradangan pada hati (liver). Penyebabnya dapat berbagai macam, mulai dari virus sampai dengan obat-obatan, termasuk obat tradisional. Virus hepatitis juga ada beberapa jenis, hepatitis A, hepatitis B, C, D, E, F dan G. Manifestasi penyakit hepatitis akibat virus bisa akut ( hepatitis A ) dapat pula hepatitis kronik ( hepatitis B,C ) dan adapula yang kemudian menjadi kanker hati ( hepatitis B dan C ).

Hepatitis A
Seringkali infeksi hepatitis A pada anak-anak tidak menimbulkan gejala, sedangkan pada orang dewasa menyebabkan gejala mirip flu, rasa lelah, demam, diare, mual, nyeri perut, mata kuning dan hilangnya nafsu makan. Gejala hilang sama sekali setelah 6-12 minggu. Orang yang terinfeksi hepatitis A akan kebal terhadap penyakit tersebut. Berbeda dengan hepatitis B dan C, infeksi hepatitis A tidak berlanjut ke hepatitis kronik.
Masa inkubasi 30 hari.Penularan melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi feces pasien, misalnya makan buah-buahan, sayur yang tidak dimasak atau makan kerang yang setengah matang. Minum dengan es batu yang prosesnya terkontaminasi.
Saat ini sudah ada vaksin hepatitis A, memberikan kekebalan selama 4 minggu setelah suntikan pertama, untuk kekebalan yang panjang diperlukan suntikan vaksin beberapa kali. Pecandu narkotika dan hubungan seks anal, termasuk homoseks merupakan risiko tinggi tertular hepatitis A.

Hepatitis B
Gejala mirip hepatitis A, mirip flu, yaitu hilangnya nafsu makan, mual, muntah, rasa lelah, mata kuning dan muntah serta demam. Penularan dapat melalui jarum suntik atau pisau yang terkontaminasi, transfusi darah dan gigitan manusia.
Pengobatan dengan interferon alfa-2b dan lamivudine, serta imunoglobulin yang mengandung antibodi terhadap hepatitis-B yang diberikan 14 hari setelah paparan.
Vaksin hepatitis B yang aman dan efektif sudah tersedia sejak beberapa tahun yang lalu. Yang merupakan risiko tertular hepatitis B adalah pecandu narkotika, orang yang mempunyai banyak pasangan seksual.
Mengenai hepatitis C akan kita bahas pada kesempatan lain.

Hepatitis D
Hepatitis D Virus ( HDV ) atau virus delta adalah virus yang unik, yang tidak lengkap dan untuk replikasi memerlukan keberadaan virus hepatitis B. Penularan melalui hubungan seksual, jarum suntik dan transfusi darah. Gejala penyakit hepatitis D bervariasi, dapat muncul sebagai gejala yang ringan (ko-infeksi) atau amat progresif.

Hepatitis E
Gejala mirip hepatitis A, demam pegel linu, lelah, hilang nafsu makan dan sakit perut. Penyakit yang akan sembuh sendiri ( self-limited ), keculai bila terjadi pada kehamilan, khususnya trimester ketiga, dapat mematikan. Penularan melalui air yang terkontaminasi feces.

Hepatitis F
Baru ada sedikit kasus yang dilaporkan. Saat ini para pakar belum sepakat hepatitis F merupakan penyakit hepatitis yang terpisah.

Hepatitis G
Gejala serupa hepatitis C, seringkali infeksi bersamaan dengan hepatitis B dan/atau C. Tidak menyebabkan hepatitis fulminan ataupun hepatitis kronik. Penularan melalui transfusi darah jarum suntik. Semoga pengetahuan ini bisa berguna bagi Anda dan dapat Anda teruskan kepada saudara ataupun teman Anda.

Mencegah Kanker Hati
KANKER hati merupakan kanker yang sering dijumpai di Indonesia. Kanker ini dihubungkan dengan infeksi Hepatitis B atau Hepatitis C. Artinya pada umumnya penderita kanker hati pernah terinfeksi Hepatitis B atau C.
Penyakit Hepatitis B dan Hepatitis C sering dialami penduduk Indonesia. Kedua penyakit ini ditularkan melalui cairan tubuh. Virus Hepatitis B dan Hepatitis C dapat ditularkan melalui hubungan seksual, jarum suntik, dan transfusi darah.
Pada umumnya dewasa ini di negeri kita transfusi darah sudah aman, darah yang akan diberikan diskrining Hepatitis B, Hepatitis C, dan HIV. Dengan demikian kemungkinan penularan Hepatitis dan HIV melalui transfusi darah sudah menjadi kecil. Gejala penyakit Hepatitis, virus biasanya dimulai dengan demam, pegal otot, mual, mata menjadi kuning, dan air seni berwarna kemerahan seperti air teh. Namun, tidak semua orang mengalami gejala seperti itu.
Gejala Hepatitis C biasanya lebih ringan dibandingkan dengan Hepatitis A atau B. Setelah terserang Hepatitis A pada umumnya penderita sembuh secara sempurna, tidak ada yang menjadi kronik. Hepatitis B juga sebagian besar akan sembuh dengan baik dan hanya sekitar 5-10 persen yang akan menjadi kronik. Bila hepatitis B menjadi kronik maka sebagian penderita hepatitis B kronik ini akan menjadi sirosis hati dan kanker hati.
Pada Hepatitis C penderita yang menjadi kronik jauh lebih banyak. Sebagian penderita Hepatitis C kronik akan menjadi sirosis hati dan kanker hati. Hanya sebagian kecil saja penderita Hepatitis B yang berkembang menjadi kanker hati. Begitu pula pada penderita Hepatitis C hanya sebagian yang menjadi kanker hati. Biasanya diperlukan waktu 17 sampai dengan 20 tahun seorang yang menderita Hepatitis C untuk berkembang menjadi sirosis hati atau kanker hati.
Sekarang memang ada obat baru untuk Hepatitis B yang disebut lamivudin. Obat ini berupa tablet yang dimakan sekali sehari. Sedangkan jika diperlukan pengobatan untuk Hepatitis C tersedia obat Interferon (suntikan) dan Ribavirin (kapsul). Namun penggunaan obat-obat tersebut memerlukan pengawasan dokter.
Hasil pemeriksaan darah yang menunjukkan anti HBs positif berarti Anda pernah terinfeksi virus Hepatitis B, namun virus tersebut sudah tidak ada lagi dalam darah Anda (HbsAg negatif). Itu bahkan menunjukkan bahwa Anda sekarang sudah mempunyai kekebalan terhadap Hepatitis B (anti HBs positif). Karena itu selama kadar antibodi anti HBs Anda tinggi, maka Anda tak perlu lagi divaksinasi. Imunisasi Hepatitis B dapat dimulai sejak bayi.
Anti HCV negatif artinya Anda belum pernah terinfeksi Hepatitis C. Sampai sekarang ini belum ada vaksin untuk Hepatitis C sehingga Anda dianjurkan agar berhati-hati sehingga tidak tertular Hepatitis C. Jadi hindari kontak dengan cairan tubuh orang lain. Salah satu cara yang efektif untuk menurunkan kekerapan kanker hati adalah dengan imunisasi Hepatitis B. Ini telah dibuktikan di banyak negara. Ternyata, negara-negara yang mempunyai program imunisasi Hepatitis B yang baik kekerapan kanker hati menurun dengan nyata. Mudah-mudahan masyarakat kitapun peduli terhadap imunisasi Hepatitis B ini.

Dokter Sehat

pf button both Semua Tentang Hepatitis


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

54 Responses to “Semua Tentang Hepatitis”

  1. Yulin says:

    Asslamu’alaikum .
    Yg ingn saya tnyakan ialah apakah org yg prnah mengidap penyakit hepatitis A , virus tersebut akan mati/hilang dengan sendirinya ?
    Atau virus itu tidak akan hilang dari tubuh penderita.
    Trimakasih
    saya harap dokter dapat menjawab pertanyaan saya.

    Like or Dislike: Thumb up 1 Thumb down 0

  2. dhita says:

    suami saya meninggal 8 bulan yang lalu karna hepatitis namun sebelum meninggal perutnya bengkak seperti wanita hamil 9 bulan n kakinya juga bengkak sampai paha dan ada bercak2 merah sebesar uang logam 1000 rupiah, apakah saya kemungkinan terjangkit penyakit yang sama?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. dhita says:

    mengginggat kami suami istri apakah dengan air ludah akan mudah terjangkit? namun sampai hari ini saya tidak mersakan hal2 yang aneh dengan kesehatan saya, walaupun begitu saya sangat takut, apakah saya harus memeriksa dan mendapatkan vaksin untuk hepatitis atau bagaiman?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  4. dhita says:

    tetapi sebelum meninggal suami saya menderita animea dan kelebihan sel darah putih, apakah ini juga gejala kanker atau bagaimana?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. Anonymous says:

    saya izin tag ya …thx ( copy paste )

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  6. Hanifah says:

    saya izin “copy paste” di blog saya ya. Terima Kasih

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  7. yusran syah says:

    sy penderita hepatitis B positif,yg sy mau tanyakan apakah obat JELLY GAMAT GOLD-G DAN SPIRULINA terdaftar di BPOM RI ? dan apakah obat tersebut bisa menyembuhkan hepatitis B ?

    Well-loved. Like or Dislike: Thumb up 15 Thumb down 0

  8. syaefudin says:

    dok mana penjeleasan mengenai penyakit hepatitis c
    saya tunggu dok

    Like or Dislike: Thumb up 3 Thumb down 0

  9. asikin says:

    terimakasiha atas informasinya!!!akan tetapi saya belum cukup paham…

    Like or Dislike: Thumb up 2 Thumb down 0

  10. Risma says:

    Kurang jelas penjelasanya…?
    akan tetapi terimakasih banyak atas informasinya.
    salam kenal dan semoga sukses.

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  11. makasi banyak atas info mengenai hepatitisnya..
    sangat bermanfaat..

    thanks :)

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  12. ria nababan says:

    kenapa setelah mengkomsumsi golg g badannya jd lemas,sering pusing,bahkan pingsan?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  13. Ezequiel Sarah says:

    The infection is often asymptomatic, but chronic infection can lead to scarring of the liver and ultimately to cirrhosis, which is generally apparent after many years. In some cases, those with cirrhosis will go on to develop liver failure, liver cancer or life-threatening esophageal and gastric varices.;’“

    Check you later http://www.picturesofherpes.colb

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  14. ayusri says:

    terimakasih infonya

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0


Trackbacks/Pingbacks

  1. HEPATITIS - hertianto.com - [...] 12 Comments » [...]
  2. Lebih Jauh Mengenal HEPATITIS - hertianto.com - [...] 12 Comments » [...]
  3. tugas praktikum IT Ke-2 « Blog Pendidikan FK UII - [...] Artikel yang saya pilih berasal dari Info Penyakit danDokter Sehat. Silahkan lihat disini [...]
  4. hanifahinas - [...]  http://doktersehat.com/semua-tentang-hepatitis/comment-page-1/#comment-13162 Share this:TwitterFacebookLike this:LikeBe the first to like this [...]
  5. Download semua tentang seks | Cinema 3 Satu - [...] doktersehat.com [...]