Sempat Diberitakan Membaik Kondisinya, Yana Zein Akhirnya Berpulang

DokterSehat.Com – Aktris film yang dikenal luas karena membintangi film Cintaku di Rumah Susun pada tahun 1987 silam, Yana Zein, akhirnya meninggal dunia pada tanggal 1 Juni 2017. Sempat dikabarkan membaik kondisinya setelah melakukan terapi cryosurgery di China dan pulang ke tanah air, kanker payudara yang Ia derita ternyata sudah sangat parah sehingga akhirnya meninggal dunia.



Sebagai informasi, kanker payudara yang menggerogoti sang aktris ternyata sudah mencapai stadium 4, tingkatan yang sudah sangat parah. Pakar kesehatan dr. Ronald Huko yang berasal dari Rumah Sakit Kanker Dharmais di Jakarta sendiri menyebutkan bahwa jika seseorang sudah mengidap kanker payudara dengan stadium lanjut layaknya Yana, maka kecil kemungkinan Ia bisa sembuh.

Di Indonesia sendiri, kasus kanker payudara ternyata cukup tinggi dimana setiap tahunnya setidaknya ada 49 ribu kasus baru dari penyakit mengerikan ini dengan perkiraan sekitar 20 ribu pasien yang akhirnya meninggal dunia. Melihat tingginya rasio pasien yang meninggal dunia ini, bisa dipastikan jika penyakit ini termasuk dalam penyakit paling mematikan di tanah air.

Mengapa resiko kematian dari penyakit ini sangat tinggi? Kanker payudara yang masih dalam stadium awal memang cenderung jarang diketahui dan tidak terasa. Barulah setelah kanker ini masuk ke dalam stadium lanjut, rasa nyeri pun muncul dan saat diperiksakan ke dokter, kondisinya sudah sangat parah dan sulit untuk disembuhkan. Selain rasa nyeri, kanker payudara pada stadium lanjut juga bisa menimbulkan gejala layaknya perubahan kulit payudara yang mirip layaknya kulit jeruk, munculnya benjolan pada payudara yang bisa menyebabkan luka atau nanah, hingga adanya rasa sakit di sekitar payudara yang disebabkan oleh telah menyebarnya kanker ini.

Baca Juga:  Awas, Kerja Lembur Bisa Meningkatkan Resiko Kanker Payudara

Melihat betapa mengerikannya penyakit ini, ada baiknya setiap orang, khususnya kaum hawa, untuk rutin melakukan deteksi dini dari kanker payudara agar bisa meningkatkan peluang untuk sembuh andai terkena penyakit ini.